Kabupaten Badung - Bali Destiny Travel

Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini yang juga meliputi Kuta dan Nusa Dua adalah sebuah objek wisata yang terkenal. Ibu kotanya berada di Mangupura, dahulu berada di Denpasar. Pada tahun 1999 terjadi kerusuhan besar di mana Kantor Bupati Badung di Denpasar dibakar sampai rata dengan tanah. Kabupaten Badung saat ini dipimpin oleh seorang Bupati yang saat ini dijabat oleh I Nyoman Giri Prasta, dan sebagai Wakil Bupati yaitu I Ketut Suiasa Kabupaten Badung berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, Kabupaten Tabanan di barat dan Kabupaten Bangli, Gianyar serta kota Denpasar di sebelah timur.

Kabupaten Badung dulunya bernama Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18. Dengan memiliki keris dan cemeti pusaka Dia dapat menundukkan Mengwi dan Jembrana hingga tahun 1810, di mana Dia akhirnya diganti oleh 2 orang raja berikutnya. Kematian Dia seolah olah sudah diatur oleh penerusnya, barangkali saudaranya, Raja Kesiman yang memerintah dengan mencapai puncaknya tahun 1829-1863. Ia dapat dipengaruhi oleh kekuatan dari luar Bali dan menggantungkan harapan kepada Pemerintah Belanda pada saat itu.

Wilayah Kabupaten Badung dibagi menjadi 6 kecamatan, yaitu:

  1. Petang
  2. Abiansemal
  3. Mengwi
  4. Kuta
  5. Kuta Utara
  6. Kuta Selatan

Video Source : Pemkab Badung

Berikut adalah daftar objek wisata yang berada di Kabupaten dengan mengurutkan mulai dari kecamatan yang paling utara yakni Petang hingga ke bagian kecamatan Kabupaten paling selatan yakni Kuta Selatan.

1. Air Terjun Nungnung, Kecamatan Petang. Kab Badung

nungnung

Air Terjun Nungnung berada di kecamatan petang, kabupaten badung yang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Denpasar. Lokasi tepatnya air terjun ini berada di wilayah ujung kabupaten badung di sebelah utara dan sebagai saran, gunakanlah peta untuk mempermudah menemukan air terjun ini. Dengan jalur jalan yang berkelak-kelok di sisi tebing dari denpasar menuju kecamatan petang anda akan menemukan pemandangan luar biasa di sepanjang perjalanan.

Sesampainya anda di jalan masuk menuju objek wisata air terjun nungnung anda akan diminta tiket masuk sebesar 7500 rupiah per orang. air terjunnya sendiri berada di dasar lembah yang sangat curam dengan sudut kemiringan saat menuruni tebing hingga kira-kira 50-60 derajat berdasarkan perhitungan saya. di Bali sendiri sendiri air terjun yang memiliki tipikal tebing seperti ini hanya dua yaitu air terjun nungnung dan air terjun sekumpul yang bisa dibilang lebih ekstrim, tapi jika anda tidak memiliki ketakutan berlebih pada ketinggian serta menyukai tantangan maka air terjun ini sangat cocok untuk anda.

Lokasi : Kecamatan Petang. Badung

2. Jembatan Tukad Bangkung, Kecamatan Petang. Kab Badung

tukad-bangkung

Tempat wisata Jembatan Tukad Bangkung berada di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Jembatan ini menghubungkan dua bukit di dua desa, yaitu: Desa Plaga dan Desa Belok/Sidan. Rute menuju Desa Pelaga dapat ditempuh dari Kota Denpasar ke arah utara kurang lebih 55 km dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai akan memerlukan waktu tempuh kira-kira 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh 63 km.

Lokasi : Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali,

3. Bagus Agro, Kecamatan Petang. Kab Badung

bagus-agro

Kesejukan dan suasana yang sangat nyaman serta-merta menyeruak tatkala Anda menginjakkan kaki di Desa Pelaga. Desa yang menjadi salah satu kawasan wisata di Pulau Dewata ini ternyata menyimpan mahkotanya yang lain: Agro Pelaga. Wisata agri ini berada di ketinggian sekitar 750 meter diatas permukaan laut (dpl) sehingga udaranya sejuk. Dari desa yang ditinggali penduduk, kawasan agri ini terletak tak begitu jauh sehingga mudah untuk dijangkaunya.

4. Pura Puncak Tedung, Kecamatan Petang. Kab Badung

puncak-tedungPulau Bali identik dengan bangunan yang bersejarah sekaligus digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakatnya. Nama bangunan tersebut tak lain adalah pura, ngomongin pura sangat layak dikunjungi atau lebih hitsnya dijadikan agenda liburan saat berada di Bali. Nah untuk itu pura yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawannya. Pura Pura Puncak Tedung Badung terletak dataran tinggi, bukit atau pucak dengan ketinggiannya mencapai 730 meter dari permukaan laut. Sementara ukuran panjang (Timur ke Barat) 27,37 m dan lebar (Utara ke Selatan) 26,70 m yang mana berlokasi di Desa Kerta, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia.

Secara harfiah kata Puncak Tedung yang digunakan sebagai nama pura tersebut memiliki arti “puncak payung” dalam bahasa Indonesia. Sejarah dari pada nama Pura Pucak Tedung hingga saat ini belum diketemukan. Secara mythologi, ketika Danghyang Nirartha atau Bhatara Sakti Wawu Rauh ( seorang pemimpin Agama Hindu ), melakukan perjalanan dari daerah Pulaki menuju Pulau Bali bagian timur.

6. Sangeh, Kecamatan Abiansemal. Kab Badung

sangeh

Taman Wisata Alam Sangeh merupakan salah satu Obyek Wisata yang ada di Pulau Bali. Walaupun Sangeh belum setenar Pantai Kuta, Tanah Lot, ataupun tempat wisata lainnya di Bali, taman wisata sangeh ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Lokasi Objek Wisata Sangeh hanya terletak sekitar 20 km saja dari Denpasar.  
Salah satu pesona dari  Taman Wisata Alam Sangeh Bali adalah wisata hutan yang didalamnya terdapat banyak sekali kera-kera yang menghuni sekitaran hutan sangeh. Untuk berkunjung ke sangeh, pengunjung hendaknya lebih berhati-hati, karena kera-kera yang berada di Sangeh terkenal dengan kejahilannya, seperti mengambil barang bawaan pengunjung, dan akan mengembalikannya kalau pengunjung memberikan makanan kesukaannya seperti pisang, kacang ataupun makanan lainnya. 

Yang menarik dari kera-kera penghuni Wisata Alam Sangeh adalah, mereka ternyata juga memiliki beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Tapi dari kelompok-kelompok tersebut masih memiliki pemimpin tertinggi atau raja dari semua raja kera yang ada di Sangeh. Pemimpin tertinggi tersebut berdiam di suatu tempat yang paling luas. Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah Pura Yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bulit Sari

6. Tanah Wuk, Kecamatan Abiansemal. Kab Badung

tanah-wuk

Tanah Wuk adalah obyek wisata alam yang terletak di lembah Tukad Penet yang indah, berjarak hanya 2 kilometer di sebelah utara hutan kera Sangeh, Kabupaten Badung. Tak lebih dari 10 menit perjalanan dari Sangeh, kita akan tiba di areal wisata Tanah Wuk. Obyek wisata ini berlokasi di Banjar Gerana dan masih di wilayah Desa Sangeh. Jika berkendaraan dari Denpasar, perjalanan menuju ke obyek wisata ini dapat ditempuh selama 40 menit sampai 1 jam dengan jarak sekitar 30 km. Jalan menuju lokasi sangat bagus. Hanya saja, untuk menemukan lokasinya agak sedikit ke dalam kurang lebih 200 meter, belok ke kiri dari arah Denpasar.

Lokasinya jauh dari jalan utama, tersembunyi di balik areal persawahan dan pepohonan. Tempat ini merupakan tempat yang sangat tenang dan dan sangat tepat bagi mereka yang menginginkan privasi untuk menikmati alam, tanpa disesaki banyak orang. Sejak zaman dahulu, keindahakan alam dari Tanah Wuk sudah dikenal oleh banyak orang. Para wisatawan datang ke wisata alam ini untuk melepaskan rasa lelah dari rutinitas kerja dan untuk rekreasi bersama keluarga.

7. Green Camp, Kecamatan Abiansemal. Kab Badung

green-camp

Selain wisata pantai dan budaya, Anda juga dapat menemukan tempat wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam dan juga tempat wisata berbau edukasi. Salah satu tempat tersebut bernama Green Camp Bali. Tempat wisata ini menawarkan tour edukasi yang dapat menambah wawasan kita mengenai alam.

Dari setiap paket yang ditawarkan kita akan mendapatkan pengajaran serta beberapa games yang dapat mendekatkan kita kepada alam luas. Salah satunya adalah program family green adventures, didalam paket ini Anda akan dibagi lagi menjadi 2 pilihan yaitu pilihan 3 hari paket tour atau 5 hari paket tour. Dalam paket tour tersebut Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana proses untuk mendapatkan nasi dimulai dari padi, berenang disungai berbatu besar yang khas dengan daerah pedesaan.

Selain itu Anda akan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai dunia pertanian. Dengan mengikuti paket tour yang disediakan anda akan semakin mencintai alam yang kita tinggali saat ini. Selain itu Anda juga akan mendapatkan pelajaran mengenai kebudayaan khususnya kebudayaan Bali. Untuk mencapai lokasi ini Anda dapat menyewa mobil beserta sopir yang akan langsung mengantar Anda ke tempat ini. Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam untuk mencapai lokasi ini.

8. Bumi Perkemahan Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal. Kab Badung

blahkiuh

Bumi perkemahan ini berada di Desa Blahkiuh Kecamatan Abiansemal sekitar 19 Km dari Kota Denpasar dan sekitar 2 Km ke arah Barat dari jalan raya Denpasar – Petang depan kantor Kepolisian Blahkiuh. Obyek wisata ini dahulu merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan Mengwi lengkap dengan sebuah kolam dan tempat pemandian umum. Tempat ini suasananya cukup tenang karena terletak cukup jauh dari jalan raya dan pada tanah tegalannya sekarang dipergunakan untuk tempat bumi perkemahan. Obyek wisata ini dekat dengan obyek dan daya tarik wisata Kawasan Luar Taman Ayun dan Sangeh. Obyek ini terus ditata/pembuatan kolam renang, lapangan tenis, restoran dan penginapan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung.

Tempat ini suasananya cukup tenang karena terletak cukup jauh dari jalan raya dan pada tanah tegalannya sekarang dipergunakan untuk tempat bumi perkemahan. Obyek wisata ini menjadi daya tarik wisata Kawasan Luar Taman Ayun dan Sangeh.
Objek wisata Bumi Perkemahan Dukuh ini sebenarnya dulunya pernah dijadikan sebagai tempat peristirahatan keluarga Kerajaan Mengwi yang dilengkapi dengan sebuah kolam dan tempat pemandian umum bagi masyarakat. Lokasinya begitu tenang dan tentram karena lumayan jauh dari pusat keramaian. Makanya karena itulah cukup kuat alasannya jika saat ini tanah tegalan di lokasi itu dijadikan sebagai lokasi bumi perkemahan.

9. Pura Taman Ayun, Kecamatan Mengwi. Kab Badung

taman-ayun

Pura Taman Ayun adalah pura yang disebut sebagai Pura Ibu atau Paibon bagi Kerajaan Mangwi dahulu. Tempat wisata di Badung penuh akan wisata sejarah ini berada di Kelurahan Mengwi, Badung. Pura Taman Ayun memiliki lahan sekitar 100 x 250 m2 yang tersusun di pelataran luar dengan tiga pelataran dalam, yang sering disebut sebagai Pelataran Luar, Jaba.

10. Musium Ogoh-Ogoh, Kecamatan Mengwi. Kab Badung

musium-ogoh-ogoh

Jika Anda penasaran dengan bentuk ogoh-ogoh Bali ? Rasanya tidak cukup apabila Anda hanya melihatnya dari foto-foto yang banyak terpampang di laman-laman Internet. Sejatinya Anda harus berada di Bali untuk melihatnya secara langsung, namun bagaimana jika Anda sedang disana tetapi di saat bersamaan di Bali tidak sedang merayakan upacara nyepi. Ogoh-ogoh seperti yang diketahui merupakan patung raksasa yang diarak pada upacara Pengrupukan. Upacara Pengrupukan ini dilangsungkan 1 hari sebelum Perayaan Nyepi. Nah, Anda tak perlu berkecil hati karena solusinya cukup mudah, karena ada dua museum ogoh-ogoh di Bali yang dapat Anda kunjungi.

Museum ogoh-ogoh ini terletak di Jalan Ayodhya, lokasinya berada di dalam kompleks Museum Manusa Yadnya. Jadi jika Anda ingin ke museum ini, terlebih dahulu Anda harus berada di kompleks ini. Lantaran berada di dalam kompleks, untuk menemukan museum ini sangatlah mudah. Di tempat ini Anda dapat melihat sekitar 20 buah ogoh-ogoh dari daerah Bali. Ada beberapa ogoh-ogoh baik berupa raksasa maupun para dewa dan bhuta kala dengan tinggi rata2 3 – 5 meter. Museum ini juga menyajikan cerita-cerita menarik tiap ogoh ogoh dengan nuansa magis dan Anda akan mendapat pengalaman menarik saat mengunjungi museum ini.

11. Pantai Pererenan, Kecamatan Mengwi. Kab Badung

pantai-perereanan

Pantai Pererenan ini terletak di pesisir baratnya Pantai Echo dan bisa dijangkau dari Jalan Raya Munggu, Badung. Di sepanjang jalan menuju ke pantai ini banyak terdapat vila dan penginapan serta tempat kursus selancar (surfing lesson). Untuk masuk ke pantai ini hanya bayar parkir 2000 rupiah.  Pantai ini masih sepi dan relatif bersih. Pasirnya hitam dan berkilauan. Pada siang hari akan terasa sangat panas sekali di telapak kaki kalau berjalan tanpa alas kaki.
Ombaknya cukup besar dan sering. Oleh karena itu, banyak wisatawan asing (bule) yang berselancar di sini.  TIDAK ADA PENJAGA PANTAI yang bertugas, sehingga tidak direkomendasikan bagi pemula, bahkan yang tidak bisa berenang.
Warung penjual makanan hanya ada satu di ujung jalan, demikian juga pejual pakaian (kaos, celana, dsb) juga cuma satu.

12. Pantai Mengenging, Cemagi. Mengwi Badung

pantai-mengening

Yaitu satu diantara obyek wisata yang ada di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Objek Wisata Pantai Mengening di Mengwi Badung Baliadalah obyek wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari umum ataupun hari berlibur. Tempat ini begitu indah serta dapat memberi sensasi yang tidak sama dengan kesibukan kita satu hari hari.

Objek Wisata Pantai Mengening di Mengwi Badung Bali adalah obyek wisata yang perlu anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tak ada duanya. Masyarakat lokal daerah Badung juga begitu ramah tamah pada wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Kota Badung juga populer bakal Objek Wisata Pantai Mengening di Mengwi Badung Bali yang begitu menarik untuk dikunjungi.

13. Pantai Seseh Munggu, Kecamatan Mengwi. Kab Badung

pantai-seseh-munggu

Pantai Munggu berada di Jalan Raya Seseh, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung Bali. Dari Bandara Ngurah Rai berjarak kurang lebih 24 km atau dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Kenapa jarak 24 km bisa ditempuh 1 jam perjalanan? Jalur untuk menuju pantai ini sering macet, hampir tiap hari di jalan ini terjadi kemacetan, selain karena jalannya kecil juga karena belum ade jalan alternatif untuk menuju pantai ini. Jalan ini satu-satunya akses menuju tempat wisata Tanah Lot dari Bandara Ngurah Rai tentu akan menyebabkan banyak kendaraan yang melewati jalan ini. Titik-titik yang sering terjadi kemacetan di jalur ini yakni di Jalan Raya Kerobokan dan Jalan Raya Canggu.

Dari kota Denpasar jarak tempuh ke pantai Munggu kurang lebih 15 km dan berjarak 10 km dari tempat wisata Tanah Lot. Adapun akses menuju pantai Munggu dari Bandara Ngurah Rai yakni sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai cari Jalan By Pass Ngurah Rai lalu menuju Jalan Sunset Road dengan melewati Underpass Patung Dewa Ruci. Dari Jalan Sunset Road ke Jalan Raya Kerobokan, Jalan Raya Semer, Jalan Raya Canggu, dan Jalan by Pass Tanah Lot. Nanti tepat diperempatan yang ada pohon beringinnya akan ada plang petunjuk arah menuju pantai Seseh yang mengarah ke kiri. Ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai di pantai Munggu.

14. Pantai Batu Bolong, Desa Canggu. Kecamatan Kuta Utara. Kab Badung

pantai-batu-bolong

Pantai Batu Bolong Canggu di Pulau Bali jadi alternatif pantai cantik yang menyuguhkan pemandangan seperti Tanah Lot. Pantai Batu Bolong di Canggu ini pun mempunyai suasana yang sangat mirip. Mulai dari keberadaan batu karang besar dan pura yang terletak di atasnya.

Para pengunjung biasanya banyak yang menghabiskan waktu di tempat ini pada saat sore hari. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Batu Bolong Canggu memang menakjubkan. Terlebih keberadaan batu karang berlubang membuat tempat ini semakin eksotis. Tidak kalah indahnya jika dibandingkan Tanah Lot.

Di Pantai Batu Bolong Canggu ini, para traveler tidak hanya bisa menyaksikan keberadaan pura yang unik. Pantai ini juga mempunyai area landai yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Secara khusus, area pantai ini juga banyak digunakan untuk lokasi surfing. Ombak yang cukup tinggi pun menarik perhatian para pecinta olahraga selancar. Mereka yang datang ke tempat ini untuk berselancar utamanya adalah para bule.

16. Pantai Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Kab Badung

pantai-canggu

Salah satu pantai yang mendapat julukan pantai terindah di Bali adalah pantai Canggu yang berlokasi di desa Canggu, Kuta Utara. Bahkan di tahun 2013 lalu, pantai Canggu masuk ke dalam daftar 100 pantai terbaik di seluruh dunia versi CNN dan menduduki posisi ke 39 dari pantai-pantai lainnya yang terkenal dengan keindahannya seperti pantai Navagio Beach, Palaui Island dan yang lainnya.

Hal yang paling diminati dari pantai ini adalah suasana sunset yang sangat menawan. Tak sedikit wisatawan datang untuk melihat keindahan matahari tenggelam dari pantai cannggu. Bahkan spot ini menjadi favorit para fotographer baik pro maupun amatiran untuk mendapatkan view yang menakjubkan.

Seperti pantai-pantai lainnya di Bali, pantai Canggu memiliki butiran pasir yang halus berwana putih keemasan. Pantai ini memang terkenal dengan sunsetnya namun bukan hanya itu saja. Ada hal lain yang dicari wisatawan ke Pantai ini selain keindahan sunsetnya. Berikut merupakan hal-hal yang dapat anda lakukan di pantai Canggu Bali.

16. Pantai Batu Belig, Kecamatan Kuta. Kab Badung

baut-belig

Pantai Batubelig adalah sebuah pantai landai di sekitar Kerobokan, Bali yang baru pertama kali saya kunjungi beberapa bulan lalu, dan namanya pun masih terdengar asing di telinga ketika diberi tahu resepsionis tentang lokasi pantai yang terdekat dari hotel.

Pantai Batubelig memang tidak sepopuler Pantai Kuta, dan karenanya pengunjungnya pun lebih sedikit. Namun melihat matahari tenggelam di Pantai Batubelig tidak kalah indahnya dengan melihat senja di Pantai Kuta.

Tampaknya sangat menyenangkan untuk berjalan menyusur tepian Pantai Batubelig dengan ciprat air laut di kaki dan suara ombak yang datang silih berganti menghempas bibir pantai.

 

17. Pantai Berawa, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pantai-berawa

Objek wisata pantai Berawa menawarkan keindahan sempurna, pada pagi hari alam terasa begitu segar dengan desiran angin lautnya ditambah lingkungan masih asri, disiang hari cocok untuk tempat berjemur terutama bagi wisatawan asing, menjelang sore hari anda bisa lebih menikmatinya karena tidak terlalu panas, deburan ombaknya cukup tinggi cocok untuk bermain surfing, anda bisa juga berenang menikmati segarnya air laut pada tempat yang telah ditentukan, bahkan beberapa aktifitas lainnya seperti memancing dan wisata naik kuda dan pada saat matahari tenggelam, menjadi moment menakjubkan yang wajib diabadikan.

Jalan-jalan bersama binatang peliharaan di pantai Berawa menjadi pilihan terbaik, apalagi mengajak anak-anak unuk ikut serta akan membuat kenangan mereka terpatri indah, suasana pesisir yang masih sepi pengunjung membuat kita lebih leluasa untuk bercengkrama, terlihat juga ada pengunjung menanam dirinya dengan pasir pantai untuk terapi kesehatan. Kalau bersama anak-anak lebih baik datang pada sore hari, karena pada siang hari terlalu panas dan lebih cocok untuk kaum bule. Tempat strategis untuk tujuan dalam perjalanan tour wajib anda kunjungi jika anda menginginkan keindahan tanpa keramaian.

18. Echo Beach Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Kab Badung

echo-beach-canggu

Echo Beach berada di atas karang namun sisi pantainya terdapat pasir yang landai. Pantai ini tepat bersebelahan dengan Pantai Canggu. Sedangkan garis pantainya sama dengan Pantai Kuta dan Legian. Echo Beach sangat cocok bagi mereka yang tengah memadu kasih atau pengantin baru karena suasananya yang tenang, damai, dan sepi. Privasi benar-benar terjaga karena para wisatawan pun rupanya belum terlalu banyak yang datang ke lokasi ini. Mereka yang datang kesini biasanya menghabiskan harinya dengan aktifitas seperti berjemur, berenang atau berselancar sambil menunggu dan menikmati indahnya sunset di sore hari tatkala matahari bersiap.

Ada mulanya Echo Bach bernama Batu Mejan. Namun pasca dibangunnya sebuah restoran bernama Restoran Echo Beach, untuk gampang diingat oleh wisatawan maka kemudian pantai ini diberi nama Echo Beach yang melekat sampai saat ini. Penduduk sekitar saat ini 30%-nya bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, ini bisa terlihat dari sawah yang ada ketika akan menuju lokasi sedang perahu nelayannya terdapat dipesisir pantai.

19. Pantai Seminyak, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pantai-seminyak

Kawasan tempat wisata di Seminyak Bali dikenal sebagai tempat untuk mencari private villa dari yang mewah sampai yang murah untuk di sewa, serta restoran kelas dunia berstandar internasional. Tempat wisata di Seminyak menawarkan suasana yang sangat berbeda dengan tempat wisata di Kuta Bali. Kalau Kuta lebih terkesan casual dan santai, sedangkan Seminyak memberikan kesan modern dan formal. Wisata Seminyak Bali juga memiliki pantai pasir putih, seperti halnya tempat wisata Legian. Hanya saja pantai di sekitar kawasan wisata Seminyak, lebih sepi dan lebih tenang.

Selain wisata pantai, Seminyak sangat cocok bagi Anda yang suka shoping, fine dining, dan SPA. Hal ini karena Seminyak adalah pusatnya high end butik, restoran kelas atas dan SPA. Sebagian besar wisatawan yang memang menyukai kawasan Seminyak untuk liburan, akan memilih untuk menginap atau mencari villa di Seminyak. Karena cara terbaik untuk mengelilingi kawasan tempat wisata Seminyak Bali adalah dengan berjalan kaki.

20. Pantai Petitengat, Kecamatan Kuta. Kab Badung

petitenget

Menikmati keindahan pantai di Bali, agar suasana tenang, lebih privasi dan nyaman maka berkunjunglah ke objek wisata Pantai Petitenget, terletak di sebelah utara Legian, dari bandara butuh 30 menit berkendaraan, tidak begitu jauh, bahkan keindahan pantainya tidak kalah dengan tetangganya seperti Kuta, pasirnya sama berwarna putih keemasan, sunsetnya juga sempurna begitupun ombaknya cocok untuk peselancar baik itu pemula ataupun yang sudah profesional.

Kawasan pantai Petitenget ini termasuk wilayah Kerebokan, kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Wilayah ini seperti bunga yang sedang mekar di kancah perkembangan pariwisata, setelah tetangga dekatnya Kuta dan Legian penuh sesak oleh bangunan-bangunan hotel, restaurant, cafe ataupun art shop. Jika anda punya agenda tour ataoun sewa mobil ke arah objek wisata ke kawasan Bali Selatan, arahkan supir anda untuk berkunjung ke sini, berkunjung pada saat sore hari menjadi pilihan lebih baik, karena anda dapat menyaksikan keindahaan sunset dengan sempurna.

21. Pura Petitenget, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pura-petitenget

Mendengar nama Pura Peti Tenget, kita membayangkan sebuah pura yang terdapat sebuah peti yang keramatgker. Kata “Tenget” berarti angker. Pura ini terletak di desa Kerobokan, kabupaten Badung, Bali, sekitar 10 km arah Barat Daya kota Denpasar. Terletak di tepi pantai Peti Tenget (yang oleh penduduk sekitar sering juga disebut pantai Petitengan) yang indah dan tidak seramai pantai Kuta. Dari pantai ini kita bisa melihat para turis di pantai Kuta di arah Selatan.

Sejarah Pura ini dimulai sekitar abad XV, setelah Dang Hyang Dwijendra meninggalkan pulau Serangan bersama Ida Bhatara yang berstana di Labuhan Masceti, akhirnya beliau sampai di desa Kerobokan dan melihat bayangan hitam yang bersembunyi di semak-semak. Beliau memanggil dengan tenang ternyata bayangan itu adalah I Bhuta Ijo, anak buah Ida Bhatara Labuhan Masceti. Sebelum meninggalkan desa Kerobokan menuju ke bukit Selatan, beliau menitipkan sebuah peti tempat sirih (pecanangan) kepada Bhuta Ijo dan meminta agar menjaga peti tersebut. Kemudian Beliau melanjutkan perjalanan ke Anjungan Bukit Selatan. Kmudian datang orang dari desa Kerobokan yang menyampaikan bahwa ada tanah tegalan yang “Tenget” (angker) karena setiap ada yang berani masuk ke tanah tegalan tersebut akan mengalami sakit. Bahkan di sekitar tanah tersebut pun terasa menakutka

22. Pantai Double Six, Kecamatan Kuta. Kab Badung

double-six

Mendengar kata “Bali” pasti kamu langsung terbayang dengan wisata pantainya. wajar aja sih, soalnya pantai-pantai di bali memang terkenal akan keindahannya. oya, sebelumnya kamu pernah dengar gak sih kalau di bali ada pantai double six ? dari namanya mungkin  terdengar sedikit asing, oleh sebab itu hari ini saya akan mencoba mengulasnya agar kamu benar-benar mendapatkan info yang cukup tentang pantai yang satu ini.

walaupun namanya agak sedkit asing, bukan berarti pantai ini letaknya tersembunyi.  pantai ini tidak jauh dari pantai kuta karena memang letaknya berada dalam satu garis pantai. bila diurutkan, pertama pantai kuta, setelah pantai kuta ada pantai legian, setelah itu baru deh pantai ini. kalau kamu penasaran, coba aja berjalan dari pinggir pantai kuta tapi ke arah utara.

arena letaknya satu garis dengan pantai kuta dan legian, pantai ini memiliki karakteristik yang sama yaitu berpasir landai dengan kontur datar dan luas. oya pasti diantara kamu ada yang penasaran kenapa sih namanya terdengar sangat western alias ke barat-baratan? Nama pantai double six ini dikenal masyarakat sekitar setelah sebuah diskotik yang diberi nama Double Six (66) yang dibangun beberapa tahun silam. karena letaknya yang bersebrangan kemudian pantai di depannya diberi nama Double six Beach.

23. Pantai Legian, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pantai-legian

Pantai Legian berlokasi di Desa Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Pantai ini berjarak 13 km dari Denpasar atau sekitar 25 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali. Dari pantai kuta anda hanya perlu berjalan kaki untuk bisa sampai ke pantai ini. Dahulunya pantai ini berada di tepi area persawahan milik penduduk setempat yang mayoritas petani. Sehingga pantai ini begitu sepi dan tak banyak diketahui wisatawan. Kemudian di tahun 1941 terjadi perpanjangan landasan Bandara Ngurah Rai dan akses ke pantai ini pun terbuka. Seiring dengan peningkatan jumlah wisatawan ke pantai Kuta, pantai legian pun turut terkena imbasnya dengan kebagian luberan pengunjung. Masyarakat desa Legian pun mulai mengambil profesi lain dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan.

Karena memiliki suasana yang hampir sama dengan pantai Kuta, maka tak mengherankan jika pantai legian memiliki panorama yang tak kalah indah. Warna air lautnya yang hijau kebiruan berpadu dengan pasirnya yang putih bersih. Anda bebas berjemur di atasnya atau pun bermain bola di sisi pantai. Aktivitas yang biasa anda lakukan di pantai Kuta juga bisa anda lakukan di sini. Mulai dari sekedar bermain air atau pun berenang sembari menikmati keindahan pantainya yang menenawan. Ombak pantai legian juga tak kalah dengan pantai kuta sehingga cocok buat anda penggila surfing. Bahkan beberapa perlombaan surfing juga kerap diadakan di pantai ini. Dan yang tak boleh anda lewatkan adalah pemandangan ketika matahari kembali ke peraduannya yang begitu mempesona.

24. Monumen Tragedi Kemanusiaan Bom Bali, Kecamatan Kuta. Kab Badung

monumen-bom-bali

Monumen 12 Oktober adalah tempat Wisata di Badung yang bersejarah, kerena dijadikan sebagai tempat wisata untuk mengenang peristiwa miris dari Bom Bali tahun 2002 lalu. Objek wisata di Badung tersebut menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan untuk foto – foto. Mengingat sejarah, pada tanggal 12 Oktober setiap tahunnya diadakan upacara peringatan untuk memperingati duka korban dan keluarga yang ditinggalkan.

25. Pantai Kuta, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pantai-kuta

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda.[1]

Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan

 

26. Waterboom, Desa Tuban. Kecamatan Kuta. Kab Badung

waterboom

Tak ada hal yang lebih mengasikan untuk dilakukan bersama teman atau keluarga selain bermain air. Anda dapat langsung meluncur ke Waterbom Bali, sebuah taman rekreasi air yang menjanjikan berbagai aktivitas seru sekaligus mendebarkan!

Kalau liburan ke Bali dengan seluruh keluarga, biasanya anak-anak akan rewel menghadapi cuaca yang cukup terik. Tak perlu pusing, ajak saja mereka untuk ngadem di taman rekreasi air terbesar di Asia dan nomor 3 di dunia ini!

Terdapat 22 wahana seru yang bisa Anda coba sepuasnya di sini, termasuk kolam renang yang dilengkapi dengan bar – siapa tahu Anda ingin bersantai sambil menikmati aneka makanan dan minuman, atau gila-gilaan menjajal berbagai permainan yang menegangkan. Semuanya ada di Waterbom Bali!

27. Pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta. Kab Badung

pantai-kedonganan

Sebagian wisatawan sering menyebut pantai kedonganan dengan sebutan pantai Jimbaran. Ada pula yang menyebut pantai ini dengan sebutan pantai Melaya. Pantai yang hanya berjarak 3 km dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai ini menghadap langsung ke samudera Hindia. Meski demikan pantai berpasir putih yang lembut ini memiliki ombak yang cukup tenang. Airnya yang jernih kebiruan berpadu dengan birunya langit tropis. Tak heran jika di pantai ini cocok untuk anda yang ingin bersantai, baik untuk berjemur, berenang, atau hanya sekedar duduk termenung menikmati keindahan pantai yang berjarak 16 km dari kota Denpasar ini.

Bukan hanya enak untuk bersantai, Pantai Kedonganan juga cocok bagi anda penikmat ikan. Di sebelah utara pantai terdapat pasar ikan tradisional yang menjual beragam ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Untuk mendapatkan ikan segar sebaiknya anda membeli sebelum jam 11 siang. Selain ikan yang masih segar, anda juga bisa leluasa memilih beragam ikan.

28. Pantai Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-jimbaran

Salah satu daerah tujuan wisata favorit di Bali yang harus anda kunjungi adalah pantai Jimbaran, yang berada wilayah Kabupaten Badung. Lokasinya sekitar 30 menit dari kota Denpasar dan 10 menit dari bandara Ngurah Rai, melalui jalan By Pass Ngurah Rai ke arah selatan jika tidak terjadi kemacetan.

Pantai Jimbaran Bali adalah salah satu pantai pasir putih di pulau Bali yang sangat terkenal, pasirnya halus dan berwarna putih ke kuning – kuningan. Kebersihan di pantai ini selalu terjaga, karena ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan areal pantai. Di sepanjang pinggir pantai banyak dibangun hotel, spa dan villa. Seperti hotel Intercontinental dan Four Seasons Jimbaran, pihak hotel juga selalu menjaga kebersihan di tepi pantai, dengan mengadakan acara gotong royong membersihkan pantai dari sampah.

Dengan pemandangan pantainya yang indah, memiliki pasir putih serta pemadangan matahari terbenam, maka banyak hotel dipinggir pantai, sering menggelar berbagai acara di tepi pantai ini. Dari tepi pantai anda dapat melihat bandara Ngurah Rai, yang merupakan satu-satunya bandara berstandar international di Bali

27. GWK Cultural Park, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

gwk

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

28. Pura Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

uluwatu

Tempat wisata di Badung yang kedua adalah Pura Uluwatu Pura yang terletak di Kelurahan Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pura Uluwatu sering disebut sebagai Pura Luwur, dan menjadi salah satu dari Pura dari Sad Kahyangan yang berjumlah enam. Pura Kahyangan ini biasanya dijadikan sebagai tempat sepiritual spiritual bagi Penduduk Bali. Untuk mencapai Pura Uluwatu, anda harus menampaki beberapa tangga. Pada saat menaiki tangga  Pura Uluwatu anda akan menemui berbagai kera liar yang bisa anda jadikan teman selfie.

29. Pantai Tegal Wangi, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-tegal-wangi

Lokasi dari pantai Tegal Wangi Jimbaran berada di wilayah desa adat Jimbaran, tepatnya jalan menuju arah hotel Ayana Resort. Ikuti penunjuk jalan menuju arah Pura Tegal Wangi, dan anda akan melihat hamparan pantai tepat berada di depan pura tersebut. Jika anda datang dari Bandara Ngurah Rai akan memerlukan waktu kurang lebih 30 menit menuju pantai Tegal Wangi Jimbaran. Anda dapat melihat panorama tebing tinggi dengan pepohonan hijau jika berada di pinggir tebing sebelum memasuki pantai Tegal Wangi. Hotel Ayana Resort juga terlihat dari tebing ini dan Rock Bar juga terlihat dari tempat ini.

Pantai Tegal Wangi Bali masih dalam kategori pantai tersembunyi di Bali, jadi anda harus berjalan turun melewati jalan setapak dari batu kapur yang agak terjal sekitar dua puluh meteran untuk dapat menginjakan kaki di pasir pantai. Selain itu anda dapat melihat deburan ombak dengan air berwarna biru kehijauan dengan pasir putih yang sedikit kasar tapi nyaman di kaki. Jika ingin melihat sunset tanpa ada banyak orang disekitar anda, pantai Tegal Wangi tempatnya.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

30. Pantai Dreamland, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

dreamland

Pantai Dreamland adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.

Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

Asal usul nama Dreamland dikarenakan dulu di area ini sempat terdapat sebuah proyek perumahan dan objek wisata. Namun proyek tersebut terhambat dan terbengkalai sedangkan para penduduk desa Pecatu yang dulunya hidup sebagai petani sangat berharap proyek selesai dan mereka bisa menekuni bisnis lain di bidang pariwisata. Karena itulah lahan disekitar pantai disebut dengan Dreamland (tanah impian)

31. Pantai Bingin, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

oantai-bingin

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah melihat keindahan pantai Dreamland yang ada di daerah Pecatu di semenanjung selatan pulau Bali, tetapi tidak banyak orang yang tahu dibalik tebing dari pantai Dreamland terdapat pantai yang letaknya tersembunyi, bernama pantai Bingin Bali. Untuk saat ini, pantai Bingin Pecatu Bali masih dapat di kategorikan sebagai salah satu pantai indah tersembunyi di Bali. Tentunya ada alasan penyebab pantai ini masih tersembunyi. Salah satu alasan yang membuat pantai ini masih tersembunyi karena wisatawan yang pertama kali berkunjung ke pantai ini pasti akan kebingungan untuk mencari letak lokasinya. Lokasi dari jalan pantai Bingin Pecatu Bali, memang jarang sekali diketahui oleh masyarakat umum, karena jarak dari tempat parkir untuk menuju bibir pantai Bingin Pecatu Bali memerlukan stamina ekstra. Hal ini dikarenakan jalan yang akan ditempuh untuk menuju pantai ini berupa menuruni anak tangga dan gang – gang sempit, serta akses jalan sangatlah terjal serta berliku.

Hal ini juga yang menyebabkan pantai ini jarang sekali dikunjungi oleh orang lokal dan wisatawan domestik. Kebanyakan dari para pengunjung pantai Bingin Bali adalah wisatawan asing yang menyukai olahraga surfing. Karena kebiasaan dari wisatawan asing berjalan kaki, jadi tidak menjadi halangan bagi wisatawan asing untuk mencapai lokasi pantai ini sambil membawa papan surfing, kalau saya bawa diri sendiri saja sudah susah. Pantai Bingin berlokasi di desa Pecatu kecamatan Kuta selatan, Kabupaten Badung, sekitar 32 kilometer dari kota Denpasar.

32. Single Fin, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

single-fin

Single Fin merupakan surf shop-café-bar yang berlokasi di Blue Point Uluwatu, Bali, yang letaknya menghadap ke pantai. Bar ini tepat berada diatas tebing Pantai Suluban. Banyak orang yang menyebut pantai ini dengan sebutan Single Fin, tetapi sebenarnya pantai ini masih merupakan bagian dari Pantai Uluwatu. Di bar ini kalian bisa menimati suasana chill di café dan bar. Bagi yang ingin menghabiskan waktu bermain di pantai, bisa dengan mudah menuju ke pantai yang berjarak sekitar 200 meter dari area bar. Selain itu, kalian bisa menikmati hiruk pikuk pasar tradisional yang menjual aneka ragam kain, baju, gelang, souvenir khas Bali, dan bisa menjadi oleh-oleh pada saat liburan Bali.
Suasana sore hari di Single Fin akan tampak semakin indah, karena pengunjung dimanjakan dengan pemandangan sunset di sore hari. Singkat kata, pada saat liburan di Bali kalian tidak akan bosan menghabiskan waktu di Single Fin karena tempat ini memberikan kalian all-into-one entertainment, mulai dari konsep café dan bar, tempat persinggahan untuk berbelanja, sampai pemandangan yang menakjubkan.

33. Pantai Suluban, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-suluban

Pantai ini dikenal dengan nama pantai Suluban Uluwatu, tapi dikalangan wisatawan Asutralia dikenal dengan nama pantai Blue Point Uluwatu. Anda pasti bertanya kenapa namanya berbeda? Apakah pantainya sama? Antara pantai Suluban dengan pantai Blue Point Uluwatu adalah pantai yang sama, lokasinya sama tidak ada perbedaan sama sekali hanya berbeda nama. Awal penyebab perbedaan nama ini dikarenakan adanya hotel di atas pantai Suluban yang bernama hotel Blue Point. Untuk memudahkan untuk mengingat, disebutlah pantai Suluban dengan nama pantai Blue Point.

34. Pantai Nunggalan, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-nunggalan

Petunjuk dari warga lokal menjadi satu-satunya cara menemukan Pantai Nunggalan. Untuk menjangkaunya, arahkan kendaraan menuju Pura Uluwatu. Sekitar 3,5 km sebelum pura, di sisi kiri jalan kamu akan menemukan pelang “Villa Plenilunio” dan Jalan Batu Nunggalan.

Ikuti jalan tersebut hingga berakhir di sebuah properti yang terbengkalai, lalu ambil jalan setapak di sisi kanan lokasi proyek yang akan menuntun kamu menuju bibir tebing dengan ketinggian sekitar 70 meter. Ikuti jalan setapak sampai menemukan pantai berpasir putih yang membentang lebih dari 300 meter. Seperti pantai Bali lainnya di kawasan Uluwatu, pantai ini berbatasan langsung dengan lantai karang.

 

35. Pantai Green Bowl, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

green-bowl

Jika Uluwatu terletak di ujung barat Semenanjung Bukit, maka Green Bowl berada di ujung selatannya. Patokan untuk mencari pantai Bali ini adalah dekat dengan Bali Cliff Resort. Jaraknya sekitar 19 menit berkendara dari Nusa Dua.

Untuk menjangkau pantai Bali ini kamu harus menuruni tangga yang membelah hutan rimbun. Cukup melelahkan, namun imbalannya sepadan bro. Pantainya menyuguhkan hamparan pasir luas dengan ombak yang tenang. Ketika air surut, akan menyerupai sebuah mangkuk hijau. Karena hutannya masih belum terjamah, masih banyak kawanan monyet liar berkeliaran di sini. Hati-hati dengan barang bawaan kamu, terlebih bila membawa makanan.

36. Pantai Pandawa, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-pandawa

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa[1] dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

Sangat mudah untuk mencapai pantai pandawa. kita ambil titik start point dari kota Denpasar, lalu menuju ke selatan, jika ingin perjalanan lebih lengang anda bisa melewati jalan tol, sesampainya di daerah Nusa Dua lalu ke bukit Ungasan. sampai saat ini anda akan banyak melihat marka jalan sebagai petunjuk menuju pantai pandawa. Ada berbagai aktivitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di pantai pandawa dan inilah yang menjadi alasan mengapa pantai ini sangatlah populer. selain menikmati pantai secara langsung seperti berenang, bermain air atau sekedar berfoto bersama. Bukan bersantai seperti biasa, tapi dibawah payung yang banyak tersedia di sepanjang pantai pandawa sambil ditemani es kelapa muda atau minuman dingin untuk melawan teriknya matahari pantai. Harga sewa untuk payung dan kursi santai adalah 50.000 rupiah sepasang untuk 3 jam. Harga yang pantas anda bayarkan untuk fasilitas seprivate dan senyaman ini dipantai. jika anda ingin sesuatu tinggal panggilkan pelayan. atau jika anda ingin menghemat uang tanpa menyewa kursi santai dan payung, anda bisa menikmati minuman dingin di warung-warung sekitar pantai.

37. Waterblow, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

water-blow

Pantai Water Blow Nusa Dua berada di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation), Nusa Dua dan berada tak jauh dari hotel Grand Hyat Bali. Untuk sampai ke sana, dari lokasi hotel Grand Hyatt, travelers akan menemukan lapangan rumput yang luas. Travelers tinggal ikuti saja jalan setapak tersebut hingga menemukan sebuah gerbang dengan tulisan “Water Blow”. Meski cukup populer, beberapa dari warga sekitar maupun pegawai BTDC kerap kebingungan mengenai lokasi pantai ini. Bukan karena apa-apa, namun karena dahulunya tempat ini hanyalah kawasan tebing biasa dan cukup berbahaya. Sama sekali tidak ada pasir yang bisa dibuat bermain di sini, berenang maupun bermain ombak di sini karena keseluruhan area pantai dikelilingi dengan tebing-tebing karang yang licin dan juga curam. Ombaknya juga kuat dengan arus yang deras lantaran berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga cukup berbahaya jika bermain-main di sana. Kemudian tempat ini disulap oleh BTDC menjadi sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi, meski masih belum bisa beraktivitas di pantai.

 

38. Pantai Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

pantai-nusa-dua

Nusa Dua Bali salah satu tempat wisata di pulau Bali, yang lokasinya berada di Bukit Peninsula, bagian ujung tenggara pulau Bali. Terbentang dari semenanjung Tanjung Benoa, sampai ke area timur bukit Sawangan. Sedangkan kawasan pariwisata Nusa Dua adalah sebuah wilayah kawasan pariwisata yang lebih terkenal dengan nama ITDC Nusa Dua.

Kawasan pariwisata Nusa Dua, salah satu kawasan pariwisata kelas mewah yang ada di pulau Bali dan sangat terkenal ke mancanegara. Berbagai event-event besar kenegaraan yang mendatangkan tamu dari berbagai negara, selalu diselenggarakan di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali.

Tersedia tiga gerbang utama untuk memasuki area kawasan ITDC Nusa Dua, dan semua pengunjung yang melewati gerbang masuk akan melalui security check.

ITDC Nusa Dua menyediakan berbagai fasilitas penunjang obyek wisata. Seperti lahan parkir yang luas, areal khusus untuk jalan-jalan di sore hari, taman yang sangat terawat, toilet, tempat sampah, dan petugas penjaga pantai.

39. Pantai Tanjung Benoa (Watersport), Kecamatan Kuta Selatan. Kab Badung

waterspot

Pantai Tanjung Benoa, terletak di paling ujung tenggara pulau Bali dan berdekatan dengan objek wisata Nusa Dua. Jika anda berangkat dari airport Ngurah Rai menuju Tanjung Benoa, anda akan menempuh jarak 15,7 kilometer. Dengan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Aktivitas water sports Tanjung Benoa dilakukan mulai dari pukul 09:00 – 15:00, karena setelah jam 15:00 maka air laut akan surut dan speed boat yang digunakan untuk aktivitas olahraga air tidak beroperasi secara optimal.

Keselamatan dalam melakukan aktivitas watersport Tanjung Benoa Bali sangat diutamakan dengan cara menyediakan instruktur yang terlatih dan berpengalaman serta alat-alat yang digunakan juga harus memenuhi standar keamanan. Jaminan asuransi kecelakaan juga disediakan bagi konsumen.