KABUPATEN KLUNGKUNG

Kabupaten Klungkung adalah kabupaten terkecil di provinsi Bali, Indonesia. Ibukotanya berada di Semarapura. Klungkung berbatasan dengan Kabupaten Bangli di sebelah utara, Kabupaten Karangasem di timur, Kabupaten Gianyar di barat dan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan.

Sepertiga wilayah Kabupaten Klungkung (112,16 km²) terletak di antara pulau Bali dan dua pertiganya (202,84 km²) lagi merupakan kepulauan, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Pada zaman kerajaan, Klungkung menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bali. Raja Klungkung adalah pewaris langsung dan keturunan lurus dari Dinasti Kresna Kepakisan. Oleh karenanya, sejarah Klungkung berhubungan erat dengan raja-raja yang memerintah di Samprangan dan Gelgel. Selama pemerintahan Dinasti Kepakisan di Bali, terjadi dua kali perpindahan pusat kerajaan (tahun 1350-1908):

Kabupaten Klungkung dibagi menjadi 4 wilayah kecamatan, yaitu:

  1. Kecamatan Banjarankan
  2. Kecamatan Klungkung
  3. Kecamatan Dawan
  4. Kecamatan Nusa Penida

map

1. Desa Bakas, Kecamatan Banjarankan. Kabupaten Klungkung

bakas

Aktivitas melihat atau naik gajah bersama Bakas Elephant Riding yang terletak di Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.  Lokasi wisata hanya berjarak 30 menit berkendara dari kota Denpasar.  Lama wisata bervariasi mulai dari 15 menit hingga 60 menit.  Setiap gajah dilengkapi dengan pelana dari kayu jati dan hanya untuk maksimum 2 wisata

Program ini menawarkan anda untuk perjalanan di sepanjang sungai melangit sambil bersantai di kursi jati yang ditempatkan di punggung gajah. Sementara berkeliling Safari Elephant Park, anda dapat menikmati pemandangan sepanjang tepian sungai Melangit dan mengamati petani

 

 

2. Sungai Melangit Bakas, Kecamatan Banjarakan. Kabupaten Klungkung

sungai-melangit

Salah satu sungai yang patut anda coba arungi jeramnya adalah di Tukad (sungai) Melangit. Tukad Melangit adalah sungai terdalam di Kabupaten Klungkung. Memiliki kedalaman 4 meter dan sepanjang alur sungai dipenuhi arus sungai yang cukup deras dan jeram yang curam untuk anda arungi.

Jika anda sudah pernah rafting di Tukad Ayung dan di Telaga Waja, cobalah sensasi rafting di Sungai Melangit ini. Memang tidak banyak operator rafting pada jalur sungai Melangit ini. Tapi jika anda bersama keluarga, rafting di sungai ini cocok buat anda.

Salah satu operator rafting pada jalur sungai Melangit adala Bakas Levi Rafting. Terletak di Desa Bakas, Klungkung. Jika anda melalui jalur By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, ketika memasuki kabupaten klungkung akan terlihat baliho besar Bakas Levi Rafting. Tinggal ikuti penunjuk arah maka anda akan sampai di lokasi.

Sensasi arung jeram di sungai ini adalah mengarungi derasnya arus sungai dengan sungai yang berkelok-kelok dan jeram sepanjang 7,5 km dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, air terjun, kicauan burung yang merdu, kera-kera liar yang bergelantungan dan aktifitas penduduk lokal di sekitar sungai.

3. Goa Jepang, Kecamatan Banjarakan. Kabupaten Klungkung

SONY DSC
SONY DSC

 

Sebagaimana daerah Bali yang lain, Klungkung juga memiliki sejuta pesona tempat wisata. Meski luas wilayahnya tak seluas daerah lain di Bali, hanya mencapai 315 Km², namun keindahan wisatanya tak kalah dengan daerah yang lain.  Salah satu tujuan wisata di daerah yang berbatasan dengan kabupaten Karangsem dan Gianyar ini adalah Goa Jepang. Goa ini merupakan salah satu tempat pertahanan Jepang kala menjajah Indonesia. Goa ini terletak di lokasi yang sangat strategis dan dibuat pada dinding tebing yang cukup tinggi. Tebing ini berbentuk melengkung mengikuti kontur pinggir jalan berkelok sebelah kanan jalur Denpasar-Semarapura yang memanjang di atas sungai Tukad Bubuh. Goa yang berada di Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini hanya berjara 6 km dari barat Semarapura. Namun jika anda dari Denpasar, anda perlu menempuh jarak sejauh 43 km dan 80 menit dari Bandara Ngurah Rai. Sepintas goa ini mirip dengan Goa Jepang Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara. Keduanya sama-sama berada di pinggi jalan dan tidak ada pengelola yang khusu menjaga. Namun, lubang yang dimiliki Goa Jepang Klungkung jauh lebih banyak dan pemandangan di sekitarnya yang lebih indah. Meski tebing Goa Jepang Klungkung tak seindah dan setinggi Gua Jepang di Taman Hutan Raya Juanda Bandung, namun tanaman perdu diatas tebung cukup rimbun sehingga membuat teduh pejalan.

 

4. Pantai Lepang, Kecamatan Banjarakan. Kabupaten Klungkung

SONY DSC

Banyak pantai di Bali yang dinamai berdasarkan nama daerah dimana pantai-pantai tersebut berada. Salah satunya kita bisa menyebut nama Pantai Lepang. Pantai ini berada di Dusun Lepang sehingga karena itulah kemudian diberinama Lepang.

Sebenarnya pantai ini tak beda jauh dengan pantai-pantai indah yang lainnya di Bali. Yakni berciri memiliki pasir yang hitam, masih alami, dan berombak besar. Bentuknya yang berkelok-kelok dengan latar belakang pesawahan yang indah membuat daya tarik tersendiri buat Pantai Lepang ini. Selain pesawahan, Lepang juga seolah diapit oleh pegunungan yang menjulang tinggi. So, sempurnalah ciptaan Tuhan bernama Pantai Lepang.

Biasanya pantai ini akan sangat ramai ketika musim liburan sekolah maupun libur perusahaan tiba. Ada beberapa aktifitas yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung di pantai ini diantaranya berselancar, berenang, berjemur, menikmati panorama alam seperti sunset, bersepeda, dsb. Untuk menunjang kepariwisataan di Pantai Lepang ini terdapat fasilitas area parkir yang cukup luas serta warung makan dan minuman.

5. Kerta Gosa Taman Giri, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

Taman Gili Kerta Gosa

Objek wisata Kerta Gosa, terkadang ditulis Kertha Gosa adalah barometer objek wisata di kota Semarapura. Terdapat tiga bangunan utama yang ada di objek wisata Kertha Gosa, yaitu:

  • Bale Kertha Gosa.
  • Bale Kambang.
  • Medal Agung, Pintu Megah Kerajaan Klungkung.

Hal yang menjadi daya tarik utama objek wisata Kertha Gosa terdapat pada arsitektur bangunan khas Bali abad 17.

Keunikan arsitektur Bali abad ke 17 terlihat jelas pada bangunan Taman Gili Bale Kambang (bangunan yang dikelilingi kolam). Pengunjung yang ingin masuk ke area bangunan Bale Kambang akan melewati jembatan yang terbuat dari batu-bata.

6. Musium Semarajaya, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

semarajaya

Menyatu dengan kawasan objek wisata Kertha Gosa, terdapat sebuah museum bernama museum Semarajaya. Lokasi dari museum Semarajaya berada di bagian barat dari bangunan Bale Kambang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 menit dari Bale kambang untuk mencapai lokasi museum Semarajaya.

Bangunan museum Semarajaya dibangun oleh pemerintah Belanda, setelah kerajaan Klungkung kalah dalam perang puputan. Daya tarik museum yang dapat pengunjung lihat seperti, benda prasejarah dan senjata yang digunakan dalam perang puputan Klungkung. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat foto-foto raja Klungkung sebelum perang puputan.

 

 

7. Monumen Puputan Klungkung, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung

monumen

Jika Anda pernah lewat di catus pata (Patung Kanda Pat Sari) kota Semarapura, maka Anda akan menemukan sebuah monumen yang menjulang tinggi. Monumen tersebut bernama Monumen Puputan Klungkung. Sama seperti Monumen Puputan Renon dan Monumen puputan Badung, di mana monumen tersebut dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang mengusir penjajah dari bumi Bali ini. Begitu juga dengan Monumen Puputan Klungkung, monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dan ksatria kerajaan Klungkung melawan serangan penjajah Belanda pada tanggal 28 April 1908.

Monumen Puputan Klungkung tegak berdiri di tengah-tengah kota Semarapura (kabupaten Klungkung) tepatnya di jalan Untung Surapati. Lokasi monumen ini sangat strategis karena tepat berada di jantung kota Semarapura.

 

8. Puri Klungkung, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

puri

Puri Agung Semarapura adalah istana dari raja Klungkung saat ini, namun lebih dikenal dengan nama puri Klungkung. Peninggalan bangunan Puri Klungkung dari jaman kerajaan sudah tidak ada lagi, karena hancur akibat dari perang puputan kerajaan Klungkung melawan kolonial Belanda. Saat ini, lokasi istana Klungkung berpindah ke sebelah barat laut, berbeda lokasi dari istana Klungkung jaman sebelum penjajahan Belanda.

 

9. Lapangan Puputan Klungkung, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

taman

Lapangan Puputan Klungkung, lokasinya tepat berada di depan gerbang puri Klungkung. Lapangan puputan Klungkung saat ini sudah tertata rapi, berubah menjadi sebuah taman liburan yang banyak dikunjungi masyarakat lokal Klungkung pada sore hari.

10. Pasar Seni Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

pasar

Pasar seni tidak hanya ada di Sukawati ataupun di objek wisata di Ubud, namun juga ada di kabupaten Klungkung. Lokasi dari pasar seni di kabupaten Klungkung berada di pusat kota Semarapura, tepatnya disebelah timur area parkir tempat wisata Kertha Gosa.

Pasar seni kota Semarapura lebih dikenal dikalangan wisatawan yang menyukai kain Endek, maupun kain songket Bali. Tenun kain Endek dan tenun kain songket khas Klungkung, masih di produksi dengan cara traditional menggunakan tenaga manusia. Jadi jumlah produksi kain yang dapat dihasilkan tidak banyak, membuat harga kain tenun Endek dan kain songket Klungkung sangat mahal.

Harga kain Endek asli Klungkung dijual dari Rp 200.000 – Rp 500.000 / meter. Harga kain Endek Klungkung ditentukan dari tingkat kerumitan pembuataan. Sedangkan untuk kain Songket asli Klungkung, bahkan dijual sekitar 1 juta rupiah, bahkan ada yang lebih mahal.

Oleh karena itu, jika anda liburan ke tempat wisata daerah Klungkung, jangan lupa untuk membeli kain Endek maupun kain Songket asli pengerajin Klungkung.

 

11. Pura Goa Lawah, Kecamatan Dawan. Kabupaten Klungkung

goa-lawah

Pura Goa Lawah yang ada di Klungkung menjadi satu dari sekian banyak pura-pura unik di Bali. Keunikan yang dimiliki, yaitu keberadaan kelelawar berjumlah ribuan membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Dalam bahasa lokal, ‘goa’ berarti gua dan ‘lawah’ berarti kelelawar. Jadi, Pura Goa Lawah ini punya hubungan erat dengan gua dan kelelawar Lokasi Pura Goa Lawah Bali terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Kalau kamu berkendara dari Denpasar, pura ini dapat ditempuh sejauh 50 km. Sedangkan kalau dari kota Klungkung, Pura Goa Lawah dalam dijangkau sekitar 10 km. Dan dari kota Denpasar, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke Padang Bai atau Candisara.

Lokasi Pura Goa Lawah Bali yang ada di dekat tebing Bukit Tengah membuat atmosfir disekitarnya terasa begitu nyaman dengan angin sepoi-sepoi yang mengantarkan hawa sejuk. Letaknya juga berseberangan dengan Pantai Kusamba dengan pasir hitam yang membentang. Dan dari pantai ini, kamu juga bisa dengan mudah melihat Pula Nusa Penida. Pura Goa Lawah atau juga dikenal dengan Pura Sad Kahyangan Goa Lawah dibangun untuk memuja Dewa Laut. Kalau baru pertama kali datang, mungkin kamu akan terkesima dengan keunikan yang dimiliki pura ini. Kenapa? Karena gua ini letaknya tepat di bawah pohon yang cukup rindang sehingga kesan adem dan mistis langsung terasa. Umat Hindu juga menempatkan sesaji dan beberapa tempat pemujaan di mulut gua sehingga kesan spiritual langsung tersebar

12. Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung

kamasan

Luas Desa Kamasan hanya sekitar 249 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 3.400 jiwa dan tersebar di 10 banjar adat atau 4 dusun pemerintah. Desa Kamasan hanya berjarak 4 km saja dari Kota Semarapura, yang merupakan ibukota Kabupaten Klungkung. Sekalipun terkategori sebagai desa kecil namun Kamasan disebut sebagai induknya seni lukis wayang kulit Bali. Dalam altar sejarahnya, Desa Kamasan tercatat turut mewarnai geliat perjalanan seni lukis di Bali. Bahkan, wilayah ini terkenal sebagai gudangnya karya seni lukis wayang kulit klasik yang merupakan hasil karya para seniman yang terdapat di Desa Kamasan.

Desa Kamasan masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung. Secara geografis desa ini termasuk dataran rendah Pantai Klotok. Jika ditempuh dari Denpasar jaraknya sekitar 43 km, dan kabar baiknya bahwa jalan ke sana bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor karena akses jalan ke sana semuanya sudah diaspal.

Teks sejarah mencatat bahwa seni lukis wayang kulit ini berkembang di Desa Kamasan dan tentunya daerah lain di Bali sejak zaman Kerajaan Majapahit. Cukup lama Pulau Bali dikuasai oleh para Dalem yang merupakan keturunan para raja Kerajaan Majapahit, yakni sekitar abad ke-14 sampai abad ke-18. Bali sendiri mengalami puncak kejayaannya dimasa Dinasti Kepakisan berkuasa.

 

13. Musium Lukisan Nyoman Gunarsa, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

gunarsa

Museum ini terletak di band yang cukup strategis, Terletak di samping jalan di Desa Banda, Takmung sekitar 3 Km sebelah barat dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung. Museum dibangun dengan arsitek Bali Modern.

Museum ini memiliki berbagai lukisan klasik Bali, baik dari hasil zaman terakhir, baru dan juga mantan karya dari pemiliknya I Nyoman Gunarsa. I Nyoman Gunarsa adalah salah satu pelukis yang ternama berasal dari Bali.Most lukisan masterpiece-nya diambil dari cerita rakyat Bali, dan Hindu Dharma legenda. Thats membuat gaya lukisan yang berbeda dari yang lain. Karya-karyanya diambil dari kesenian Bali, seperti tarian rakyat, musik tradisional, upacara Bali, dan berbagai lingkungan.

Tentang Nyoman Gunarsa: I Nyoman Gunarsa (1994, Banda, Klungkung, Bali) adalah lulusan dari Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI, Bahasa Indonesia Academy of Fine Arts) di Yogyakarta, Jawa Tengah, di mana ia juga menjadi dosen selama bertahun-tahun. Pada tahun 1970 ia membantu mendirikan Sanggar Dewata Indonesia (Superior Bahasa Indonesia Art Studio) untuk Seni Indonesia kontemporer. Gunarsa adalah seorang seniman diundang untuk “Art of Bali” pameran di East-West Center di Honolulu Hawaii, di tahun 1998. Ia mendirikan Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia (Museum Lukisan Kontemporer Indonesia) di Yogyakarta pada tahun 1989, dan Museum Seni Lukis Klasik Bali (Museum Seni Lukis Bali Klasik) di Klungkung pada tahun 1994. Gaya ekspresionis-Nya bekerja penawaran fitur, penari, dan waya

14. Air Terjun Tukad Unda, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

unda

Tukad Unda merupakan nama dari sungai yang melintasi daerah Klungkung yang bertempat di Bali. Tepat di desa Lebah Banjar ini ada sebuah bendungan yang membentuk aliran sungai tersebut menjadi berundak-undak layaknya terjunan air. 

Tempat ini memang jarang dikunjungi, karena tempat wisata ini masih terbilang baru dan belum banyak yang mengetahui.Tudak Unda sering digunakan anak-anak warga sekitar serta wisatawan untuk bermain air.

Menurut penduduk setempat Tukad memiliki arti sungai sedangkan Unda ialah lapisan. Sehingga Tukad Unda adalah sungai yang airnya berlapis-lapis. Menariknya lagi meski namanya tengah populer dan fotonya tersebar via sosmed kemana-mana namun setiap wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya sepeserpun. Tempat ini banyak dikunjungi oleh pasangan kekasih dan juga tempat ini dijadikan tempat foto pra wedding atau bulan muda bagi sepasang pengantin baru.Berfoto yang berlatar air terjun seperti tirai air ditemani dengan beberapa anak lokal  yang bermain air sehingga menimbulkan efek cipratan air yang indah

Lokasi : Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung

15. Pura Taman Sari, Kecamatan Klungkung. Kabupaten Klungkung

taman-sari

Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali  adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia. Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Klungkung tidak mengunjungi Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Pura Taman Sari di kota Klungkung.

Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Klungkung juga terkenal akan Wisata Pura Taman Sari di Klungkung Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

 

16. Bukit Belong Gunaksa, Kecamatan Dawan. Kabupaten Klungkung

gunaksaBukit Belong Gunaksa ini tengah menjadi destinasi wisata yang populer di Bali. Para muda –mudi dari berbagai pelosok wilayah berbondong-bondong datang ke tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menyaksikan keindahan pemandangan di sini melalui jejaring sosial.

Bukit Belong Gunaksa ini merupakan sebuah bukit yang termasuk dalam wilayah Desa Gunaksa di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Untuk menuju ke tempat ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa memilih untuk memanfaatkan Google Maps. Banyak pengunjung yang melakukan hal serupa dan berhasil sampai di sini.

Tempat ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Sementara itu, kalau Anda berangkat dari Kota Denpasar, maka jarak yang ditempuh kurang lebih 32 km. Tidak terlalu sulit kalau ingin menemukan keberadaan Bukit Belong Gunaksa ini. Terutama, karena sudah ada papan penunjuk yang telah disediakan.

Sebagai catatan, kalau Anda datang ke tempat ini, pastikan untuk membawa bekal makanan. Karena lokasinya yang berada di atas bukit, jangan harap untuk bisa menjumpai keberadaan warung makanan di sini. Terlebih, kalau Anda datang ke sini siang hari. Persiapkan bekal minuman yang cukup. Karena dipastikan suasana yang panas akan membuat Anda cepat haus. –

 

17. Pantai Kusamba, Kecamatan Dawan. Kabupaten Klungkung

kusamba

Loaksi Pantai Kusamba terletak di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Jika Anda datang dari kawasan objek wisata Kerta Gosa hanya memerlukan jarak 7 km ke timur untuk menuju pantai Kusamba. Sedangkan jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu kira-kira 75 menit dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara, kemudian By Pass Ngurah Rai dan By Pass Ida Bagus Mantra. Jika Anda datang dari kawasan Kota Denpasar hanya menempuh jarak 29 km untuk menuju lokasi Pantai Kusamba dengan melalu Jalan By Pass Ida Bagus Mantra.

18. Pantai Atuh, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

atuh

Salah satu pantai Nusa Penida yang paling terkenal diatara semua pantai di Nusa Penida adalah Pantai Atuh. Untuk saat ini Pantai Atuh masih masuk di kategori pantai yang jarang dikunjungi di Bali. Padahal pantai Atuh di pulau Nusa Penida Bali, memiliki karakteristik pantai indah dengan keunikan tersendiri, berbeda dengan pantai-pantai di pulau Bali yang lain.

Di Pantai Atuh terdapat 3 pesisir pantai pasir putih yang terpisah tebing karang tinggi di masing masing sisi pantai. Masing-masing pesisir pantai memiliki pasir berwarna putih bercampur batu karang kecil.

Air laut sangat jernih jika anda suka snorkeling, keindahan terumbu karang yang masih asri akan terlihat dari permukaan air laut. Jika di lokasi pantai lain di Bali, saat pembaca duduk di pasir pantai, akan terlihat perairan laut lepas, tetapi jika pembaca duduk di pasir pantai Atuh Nusa Penida, selain melihat pemandangan laut lepas, gugusan pulau kecil juga akan terlihat.

Penyebab pantai Atuh Nusa Penida jarang dikunjungi wisatawan domestik, karena lokasi pantai sangat tersembunyi, jauh dari lokasi perumahan penduduk lokal, serta perlu tenaga ekstra untuk sampai ke lokasi pantai Atuh Nusa Penida. Pembaca tertarik untuk liburan ke pantai Atuh Nusa Penida, maka siapkan stamina! Karena untuk mencapai bibir pantai, pembaca harus melewati jalan batu kapur dan batu karang dengan jarak 2 kilometer dari lokasi Banjar Pelilit yang berada desa Pejukutan, pulau Nusa Penida.

19. Pasih Uug, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

uug

Salah satu pantai Nusa Penida di kabupaten Klungkung Bali, yang terkenal dikalangan wisatawan muda adalah tempat wisata pasih Uug Nusa Penida.

Nama Pasih Uug jika diartikan ke bahasa Indonesia, Pasih artinya pantai sedangkan Uug artinya rusak, jadi dapat diartikan pantai rusak. Dikalangan wisatawan asing Pasih Uug dikenal dengan nama broken beach Nusa Penida.

Tempat wisata Pasih Uug adalah sebuah pantai yang dikellilingi oleh tebing karang tinggi, sangat mirip dengan tebing yang ada di objek wisata pura Uluwatu Bali.

Jika dilihat dari atas, jika pengunjung memiliki drone, akan terlihat seperti kolam air laut yang dikelilingi tebing tinggi. Air laut dapat masuk kedalam areal yang dikelilingi tebing, akibat adanya lobang pada salah satu dinding tebing karang dan menyerupai seperti jembatan.

Karena adanya lubang pada dinding karang, sebagian masyarakat Bali juga menamakan pantai pasih Uug Nusa Penida dengan nama pantai Batu Bolong / Pantai Karang Bolong. Bolong adalah bahasa Bali yang berarti lubang.

20. Pasih Andus, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

andus

Pasih Andus Nusa Penida lokasinya berdekatan dengan lokasi dari pantai pasih Uug dan objek wisata Angel’s Billabong, hanya berjarak beberapa meter dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki, kira-kira 15 menit.

Jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia, pasih artinya pantai sedangkan andus artinya asap, jadi pantai mengeluarkan asap dong! Bukan asap yang keluar, melainkan percikan air laut yang menjulang tinggi akibat dari hantaman ombak laut selatan, menghantam dinding karang terjal yang menjorok ke laut.

Jika anda pernah berwisata ke objek wisata waterblow Nusa Dua Bali, maka seperti inilah deburan ombak air laun yang menjulang tinggi, bahkan lebih tinggi dari deburan ombak waterblow Nusa Dua Bali.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke lokasi Pasih Andus Nusa Penida adalah wisatawan muda, mereka akan menunggu momen ombak menjulang tinggi sambil mengambil foto selfie. Hempasan ombak menjulang tinggi tidak setiap menit terjadi, jadi harus sabar menunggu.

Dari pasih Andus, jika pembaca menghadap arah barat laut, akan dapat melihat pulau nusa Ceningan.

21. Angel’s Billabong, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

angel

Angel’s Billabong bagi saya adalah mutiaranya Nusa Penida, sangat unik dan sangat jarang ada tempat wisata seperti Angel’s Billabong Nusa Penida di tempat lain.

Keunikan dari Angel’s Billabong Nusa Penida, sangat layak bagi saya masuk dalam kategori tempat wisata unik di Bali. Jadi jika pembaca berencana untuk liburan ke tempa wisata Nusa Penida, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Angel’s Billabong.

Angel’s Billabong di pulau Nusa Penida Bali adalah sebuah muara sungai yang berdekatan dengan laut, hanya muara sungai ini buntu, membuat air tergenang membentuk sebuah kolam.

Kolam Angel’s Billabong diapit oleh dua buah tebing karang dan airnya sangat jernih yang membuat anda mampu melihat dasar dari kolam.

Berminat untuk liburan ke Angel’s Billabong Nusa Penida? Jika iya! Pembaca pasti ingin tahu cara ke Angel’s Billabong.

Menemukan lokasi Angel’s Billabong sebenarnya tidak susah, jika pembaca telah menemukan lokasi dari tempat wisata Pasih Uug / Broken Beach, artinya anda sudah dekat.

22. Pantai Crystal Bay, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

crystal

Pantai Crystal Bay salah satu pantai Nusa Penida yang banyak mendapat kunjungan dari wisatawan, terutama wisatawan mancanegara yang doyan aktivitas wisata bahari terutama snorkeling.

Nama asli dari pantai Crystal Bay adalah pantai Penida. Crystal Bay adalah nama yang diberikan oleh wisatawan asing, karena pantai Penida air lautnya sangat jernih dan berkilau layaknya sebuah kristal.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Crystal Bay terutama menjelang matahari terbenam. Lokasi dari Pantai Crystal Bay ada di kawasan banjar Penida, desa Sakti, kecamatan Nusa Penida.

 

23. Mata Air Guyangan, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

guyangan

Sumber air Guyangan diproyeksikan dapat mengalirkan air bersih ke delapan desa di Nusa Penida yakni Desa Kutampi, Batu Kandik, Sekar Taji, Batu Madeg, Tanglad, Pejukutan, Klumpu, dan Bunga Mekar. Perjalanan dari pintu masuk sampai ke mata air guyangan, cukup eksotis, melewati tangga-tangga yang cukup banyak, tangga besi yang sudah mulai rapuh.

Namun kelelahan kalain akan terbayar oleh pemandangan yang indah dan kalian bisa berenang pada kolam yang airnya dingin.

Lokasi: Nusa Penida

 

24. Pantai Suwehan, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

suwehan

Berdiri di tepi tebing dan menyebar Anda lihat ke bawah akan menjadi luar biasa, teluk kecil dengan raksasa tebing batu. Untuk bisa sampai ke tempat ini kalian harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter, dengan jalan yang sempit, menurun, dan curam. Setelah anda berhasil melewati perjalan, Anda akan seperti di surga baru, jauh dari keramaian dan bersembunyi di kecantikan, benar-benar damai. Air jernih, pasir yang lembut dan putih. Anda dapat berbaring atau menikmati matahari, berenang atau hanya bersantai merasa pukulan laut angin segar Anda. Di depan pantai, ada berdiri batu besar sangat besar dikenal sebagai batu menyerupai brand volcom sehingga banyak orang yang menyebut Pantai Volcom.

Lokasi: Watas, Nusa Penida

 

25. Teletubies Hills, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

hills

Bukit Teletubbies Nusa Penida sebuah hamparan bukit hijau yang akan membuat kita mengatakan “Wowwwwwww !!!!” Bukit Teletubbies? Rasanya mendengar dua kata ini untuk anak – anak pada era tahun 2000an yang sekarang pastinya sudah tumbuh remaja dan dewasa, pasti tidak asing dan tidak akan terlupakan dengan kata bukit Teletubbies. Ya, tempat yang menjadi tempat tinggal dan tempat bermain para karakter Teletubbiesyaitu Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa dan Poo pada tayangan televisi anak – anak teletubbies yang terkenal inibisa kita temukan di ujung timur pulau Nusa Penida.

Gundukan dan lekukan pada bukit – bukit yang menyerupai gunung kecil dengan pemandangan asri dengan rerumputan hijau seperti film Teletubbies yang  membuat bukit ini dijuluki bukit Teletubbies yang biasa disebut Teletubbies Hill Nusa Penida. Sebelum disebut bukit Teletubbies, masyarakat lokal Nusa Penidabiasa menyebut bukit ini dengan nama bukit pohon Gamal karena tumbuh – tumbuhan yang hidup di bukit ini biasa diambil untuk pakan ternak mereka.Setelah dinamai bukit Teletubbies secara tidak sengaja oleh para wisatawan yang berkunjung, penduduk setempat pun terbiasa menyebut bukit ini bukit Teletubbies. Dari atas bukit Teletubbies pengunjung juga bisa melihat rumah – rumah penduduk yang terlihat kecil dari ketinggian dan pemandangan indah lautan biru yang terlihat dari kejauhan.

26 Pantai Kelingking, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

kelingking

Pulau Dewata memang didominasi dengan wisata pantai yang tersebar luas di setiap ujung wilayahnya. Begitu pula yang akan kamu jumpai di Nusa Penida yang banyak memiliki surga tersembunyi, salah satunya adalah Pantai Kelingking. Secret point ini disebut-sebut mulai dicari para traveler, dan akan semakin hits di 2017 ini. Hal yang menjadikan pantai ini menarik dan kian membuat penasaran adalah panorama indah yang tersaji di sana. Pantai Kelingking begitu unik dengan adanya lelukan tebing karang yang menyerupai leher Brontosaurus yang menjorok ke pantai. Tebing besar itu bersanding indah dengan karang kecil membentuk pemandangan yang memukau.

Tebing Paluang atau Karang Dawa, begitulah masyarakat lokal menamainya. Bahkan, mereka tak terlalu familiar dengan nama Pantai Kelingking, karena di sana terkenal dengan sebutan Pantai Karang Dawa. Nama tersebut sama dengan lokasi keberadaan pantai ini, yakni di Dusun Karang Dawa.

Pesona tebing yang unik ini berpadu elok dengan birunya lautan lepas, membingkai potret alam yang sangat eksotis. Tebing karang yang tertutupi tumbuhan yang menghijau juga menjadikan penyegar pandanganmu. Jika dilihat dari bibir tebing, sekilas pemandangan tebing ini mirip dengan yang ada di Raja Ampat.

27. Goa Giri Putri, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

putri

Gua Giri Putri adalah salah satu gua yang ada di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kec. Nusa Penida, kab. Klungkung-Bali.  Gua Giri Putri memiliki bangunan pura di. Gua ini menjadi pemujaan terhadap Dewa Siwa yang dipercaya untuk memelihara dan merawat manusia. Panjang Gua Giri Putri adalah sekitar 262 meter dan ada di 150 meter di atas permukaan laut. Bagian gua memiliki ciri khas yang sangat menarik seperti kelelawar, stalagmit dan stalagtit. Satu tempat persembahan ada di bagian depan gua dan tiga tempat persembahan ada di bagian dalam gua. Pada bagian dalam gua ditemukan aliran air yang dipercaya sebagai air suci. Masyarakat lokal akan mengunjungi gua ini untuk sembahyang pada hari Kuningan dan Galungan. Bagian lain yang menarik dari gua ini adalah pintu masuk yang sangat kecil namun ketika tubuh sudah masuk ke bagian dalam gua maka akan terlihat besar dan sangat luas.

Lokasi: Banjar Karangsari, Nusa Penida

 

28. Pura Paluang, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

paluang

Masalah tempat wisata unik, Nusa Penida jawabannya. Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi yaitu Pura Paluang. Namun INGAT!!!, kalau berkunjung/memasuki kawasan pura Anda harus menggunakan kain dan “ikat pinggang” (kamben dan sunteng/rambet).

Pura Paluang (Paluang Temple) terdapat dua bangunan yang tampak unik, yakni pelinggih yang menyerupai mobil. Satu mobil VW Beatle, satunya bisa dikatakan mirip dengan mobil Jimmy. 

Mobil VW Beatle ini berada di atas sebuah panggung segi empat, lengkap dengan ukiran pada bagian sisinya. Mobil ini dipuas berwarna emas pada kap, dan coklat kekuningan pada bagian bodi. Plat nomor kendaraannya yakni KD 013. Sementara mobil Jimmy, yang berada tidak jauh dari dari mobil VW, tampak bercat merah. Plat mobil ini ialah DK 28703 GL.

29. Mata Air Tembeling, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

tembeling

Kolam renang alami di bawah tebing hutan hijau. Musim semi yang segar keluar dari gua rahasia dan mengalir ke kolam renang kemudian ke laut. Hutan lebat di sekitar tempat membuatnya begitu indah, tapi tidak semua kolam renang bisa berenang oleh perempuan. Kolam renang khusus untuk wanita dekat dengan pantai sementara satu atas untuk pria.

Untuk mencapai tempat ini kalaian harus ekstra tenanga untuk berjalan kaki. Namun saat ini sudah ada jasa ojak disana.

Lokasi: Nusa Penida

 

30. Pantai Banah, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

banah

Masih dinomiasi oleh pantai. Indonesia merupakan negara keupaluan, sudah tentu setiap pulau akan memiliki pantai. Itulah mengapa Di indoensia terdapat banyak pantai yang unik dan tersembunyi. Begitu juga halnya Nusa Penida merupakan kepulauan kecil dan tentu memiliki banyak pantai tersembunyi dan namnya punberbeda-beda seperti Pantai Banah Nusa Penida.

Pantai Banah yang sering disebut Banah Beach. Di pantai banah kalian bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Di sana juga kalian bisa melihat tebing yang sangat mencolok, yaitu tebing banah yang ada di tengah laut, tebingnya berlubang dengan banyak pepohoan hijau yang tumbuh di atasnya.

Lokasi: Desa Batumadeg, Nusa Penida

31. Jembatan Kuning Ceningan-Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

jembatan-kuning

Jembatan Kuning di Nusa Lembongan ini pamornya semakin melejit saja, karena banyaknya wisatawan yang mengabadikan photo berpasangan di atas jembatan, sehingga dikenal dengan nama Jembatan Cinta, bahkan tidak jarang wisatawan menggunakannya sebagai tempat pengambilan photo prewedding. Tidak hanya digemari oleh wisatawan domestik, juga oleh kalangan pelancong asing yang menyebutnya dengan nama Yellow Bridge.

Keberadaan Jembatan Kuning yang menghubungkan pulau Nusa Lembongan, mempermudah anda untuk mengunjungi pulau seberang dengan kendaraan sepeda motor.

Lokasi: Ceningan-Lembongan, Nusa Penida

 

32. Gala-Gala Underground House, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

gala

Gala gala adalah goa buatan manusia. Jadi dikenal juga dengan nama Gala gala underground house. Perjalanan dari jembatan kuning ke gala gala memakan waktu sekitar  5 menit saja.

Rumah tersebut dibangun pada tahun 1961 dalam kurun waktu sampai 15 tahun oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, beliau juga berprofesi sebagai petani juga seorang pertapa, proses pengerjaannya pada masa tersebut masih menggunakan alat-alat konvensional seperti linggis, menggunakan banyak kotoran sapi yang dibakar sehingga batu kapur lebih mudah digali, goa tersebut kemudian dijadikan tempat tinggalnya, sebuah maha karya yang sangat pantas untuk dihargai dan dijadikan situs warisan budaya.  Untuk masuk ke dalamnya anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter, rumah yang dalam bahas Inggrisnya dinamakan juga Underground House ini, lorongnya sampai pada kedalaman 7 meter dibawah permukaan tanah, didalamnya anda menyusuri lorong-lorong dan juga terdapat sejumlah ruangan dengan fungsi berbeda seperti ada tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan juga sumur.

Lokasi: Lembongan, Nusa Penida

 

33. Air Terjun Seganing / Seganing Waterfall, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

sagening

Seganing Waterfall terletak di daerah dusun Sebuluh Batugaing yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di desa Bunga Mekar,Nusa Penida. Keindahan dadi objek seganing watefall ini adalah terlihat dari tebing-tebingnya yang indah dengan air terjunnya atau waterfall dan airnya yang begitu jernih serta aliran airnya langsung menuju pantai. Jika ingin melihat dan merasakan objek wisata ini dibutuhkan keinginan dan kemauan yang kuat untuk turun karena memiliki medan yang cukup berat.

 

34. Pulau Seribu Nusa Penida, Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung

pulau-seribu

Pulau seribu ini berdekatan/satu jalur dengan Pantai Atuh kalau di akses melalui banjar pelilit. Tempat ini terdapat spot yang memungkinkan Anda melihat pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan laut yang terdapat pulau-pulau kecil. Sama halnya dengan Pulau Seribu Ranja Ampat Lombok. Nah, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh untuk melihat pulau seribu karena di Nusa Penida juga ada. Di lokasi ini sekarang dibuatkan rumah pohon, jadi Anda bisa meilihat pemandangan lebih tinggi lagi. 

Lokasi: Banjar Pelilit, Nusa Penida.