Kabupaten Tabanan - Bali Destiny Travel

KABUPATEN TABANAN

Kabupaten Tabanan adalah sebuah kabupaten di provinsi Bali, Indonesia, terletak sekitar 35 km di sebelah barat kota Denpasar. Tabanan berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, Kabupaten Badung di timur, Samudra Indonesia di selatan dan Kabupaten Jembrana di barat. Luas Kabupaten Tabanan adalah 839,33 km² (14,90% dari luas provinsi Bali).

Kabupaten Tabanan terdiri dari 9 kecamatan, 113 desa, 729 banjar adat dan 333 desa adat.

Kecamatan-kecamatannya adalah:

  1. Kecamatan Kediri = 53,60 km²
  2. Kecamatan Marga = 44,79 km²
  3. Kecamatan Baturiti = 99,17 km²
  4. Kecamatan Tabanan = 51,40 km²
  5. Kecamatan Kerambitan = 42,39 km²
  6. Kecamatan Penebel = 141,98 Km²
  7. Kecamatan Selemadeg = 57,51 km²
  8. Kecamatan Selemadeg Barat = 104,25 km²
  9. Kecamatan Pupuan = 179,02 km²

map

1. Pura Tanah Lot, Kecamatan Kediri. Kabupaten Tabanan

tanah-lot

Pura Tanah Lot Bali atau juga disebut Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keindahan yang natural dengan Tanah Lot sunset Bali yang memukau, Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk melihat sunset dan keindahan sunset Tanah Lot Bali adalah salah satu yang terindah di Bali.

Pura Tanah Lot Bali terletak di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut yang kokoh dan kuat, disebelah baratnya juga terdapat pura yang disebut Pura Batu Bolong yang juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya.

Tempat wisata Tanah Lot Bali pada saat sunset atau matahari terbenam adalah pemandangan yang terbaik dan sangat indah yang bisa kita nikmati ketika mengunjungi salah satu tempat/objek wisata favorit yang terkenal di Pulau Bali ini dan akan menjadikan liburan di Bali anda tidak terlupakan dan penuh kesan. Tempat suci ini adalah salah satu dari Pura Kahyangan Jagat, pura yang sangat sakral dan suci serta sangat dijaga kesucian dan kelestariannya oleh masyarakat Pulau Dewata.

Tanah Lot berasal dari kata “Tanah” yang artinya tanah dan “Lot” (Lod) yang artinya laut, karena letaknya di laut atau di pantai seperti mengambang ketika air laut pasang maka dapat diartikan Tanah Lot berarti sebuah Tanah atau Pulau yang terletak di laut, oleh karena itu orang-orang pun menyebutnya Tanah Lot.

 

2. Museum Subak, Kecamatan Kediri. Kabupaten Tabanan

subak

Salah satu alternatif obyek wisata yang mendidik untuk anak-anak anda yaitu Museum Subak yang terletak di Desa Sanggulan, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Tepatnya di jalan Gatot Subroto, sekitar 2 km timur kota Tabanan. Museum ini patut sekali anda kunjungi, karena disini kita mengetahu sejarah dan budaya sistem subak yang masih eksis sampai sekarang. Letaknya pun satu jalur dengan obyek-obyek wisata terkenal di Tabanan, seperti dari Alas Kedaton menuju Tanah Lot, anda bisa sempatkan singgah ke museum ini.

Museum subak diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1981 oleh Gubernur Bali Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, dan berdirinya museum ini digagasi oleh I Gusti Ketut Kaler, pakar adat dan agama yang waktu itu menjabat Kanwil Departemen Agama Propinsi Bali. Ia melihat perlu adanya lembaga adat Subak yang berupaya melestarikan warisan luhur budaya bangsa sejak abad XI ini. Upaya itu akhirnya terwujud. Mulanya disebut “Cagar Budaya Museum Subak“.

Di Museum Subak ini terdapat ruang pameran, ruang audio visual, ruang belajar, fasilitas penginapan, perpustakaan, kantor dan miniatur sistem irigasi. Di ruang pameran terdapat semua peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam sistem pertanian subak. Mulai dari alat membajak sawah sampai memanen padi. Terdapat juga sistem kalender perhitungan hari-hari baik sistem pertanian di Bali

3. Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga. Kabupaten Tabanan

margarana

Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana atau Taman Pahlawan Margarana terletak di Di Desa Kelaci Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan – Bali, berjarak sekitar 35 km dari Kuta, dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Atau jika anda dalam perjalan ke Bedugul, anda bisa mampir ke monumen ini terlebih dahulu. Monumen ini dibangun pada tahun 1954, delapan tahun setelah peristiwa heroik Puputan Margarana. Diresmikan oleh pemerintah pusat sebagai Taman pahlawan Pujaan Bangsa memiliki luas areal mencapai 25 hektar, menampung 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan Indonesia di Bali.  Monumen ini merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran Puputan Margarana 20 November 1946.

Dibangun dengan konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Ketika anda memasuki taman ini, anda akan melihat prasasti yang berisikan nama-nama pahlawan yang dimakamkan di Taman Margarana ini. Mereka adalah pahlawan nasional dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai dalam perang puputan Margarana.

 

4. Pura Ulun Danu Bratan, Kecamatan Baturiti. Kabupaten Tabanan

ulun-danu

Bagi Anda yang yang sudah mengunjungi Pulau Bali pastinya tidak melewatkan menikmati keindahan objek wisata Danau Beratan dan Pura Ulun Danu yaitu objek wisata di Bedugul Bali yang memiliki panorama yang sangat indah dengan kultur budaya yang melekat didalamnya. Objek wisata ini berada dikawasan Desa Candi Kuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan – Bali. Tepatnya 55 Km dari Kota Denpasar – Bali. Pura Ulun Danu Bratan dikenal juga dengan candi air yang ada di Bali, Letaknya berada di tepi Danau Bratan menjadikan pura yang satu ini sangat unik dan menarik bagi wisatawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri. Komplek Pura Ulun Danu Bratan Bedugul Bali ini dibangun untuk upacara ritual persembahan Dewi Danu, dewi air, sungai dan danau. Pura ini didesign dengan sebelas atap yang melambangkan keberadaan Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Objek wisata Bedugul Bali yang satu ini berada di ketinggian ± 1240 m dari permukaan laut, sehingga suhu disekitar objek wisata mencapai ± 24° C pada siang hari dan 18° C pada malam hari. Disini Anda dapat menikmati pemandangan alam dengan suguhan pemandangan Danau Beratan Bedugul yang sangat eksotis dengan luasnya sekitar 375.6 hektar dan kedalaman mencapai 22-48 meter. Danau Bratan ini merupakan danau terluas kedua yang berada di Bali setelah Danau Batur. Untuk masyarakat Bali Danau Beratan sangat penting dan dimanfaatkan sebagai sumber irigasi, sehingga keberadaanya sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu Danau Baratan juga pernah dinobatkan sebagai salah satu danau terindah yang ada

5. Kebun Raya Bedugul, Kecamatan Baturiti. Kabupaten Tabanan

bedugul

Kebun Raya Bali di dirikan pada tahun 1955 atas gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo dengan tujuan sebagai bentuk adanya Kebun raya lain di luar pulau jawa. Selain itu kebun raya ini ditujukan sebagai wadah konservasi flora dan tempat rekreasi. Kebun Raya Bali memiliki luas sekitar 50 hektar dengan 2000 lebih spesies flora yang beberapa diantaranya adalah tumbuhan langka. Dengan berjalannya waktu kemudian kebun raya ini menjadi salah satu objek wisata favorit untuk berwisata terutama di Bali karena selain sebagai tempat piknik juga sebagai sarana edukasi untuk masyarakat luas tentang flora.

 Kebun Raya Bali berada di ketinggian 1450 meter di atas permukaan laut, berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Denpasar. Untuk mencapainyapun tidaklah sulit, sesampai anda di Bedugul ada sebuah tugu jagung maka disanalah jalan masuk menuju kebun raya. Jauh di pegunungan tepatnya di dataran tinggi tepat di jantung pulau Bali dimana banyak tempat wisata alam nan indah seperti danau beratan, pura ulun danu beratan, danau buyan dan danau tamblingan. jika anda memutuskan untuk datang ke daerah ini sebagai salah satu tempat wisata di bali maka anda tidak akan kecewa, dan waktu sehari tidak akan cukup untuk menikmati semua tempat wisata di bedugul, apalagi selain di daerah bedugul juga terdapat beberapa air terjun indah yang hanya berjarak beberapa kilometer saja. Tapi kali ini saya akan membahas tentang Kebun Raya Bali atau Bali Botanical Garden dimana tempat ini sebagai salah satu tujuan utama wisata orang Bali.

 

6. The Sila’s Agrotourism, Kecamatan Baturiti. Kabupaten Tabanan

sila

Outbound Bedugul The Sila’s Agrotourism adalah salah satu pilihan lokasi outbound di Bali. The Sila’s Agrotourism terletak di daerah Bedugul, dimana udaranya sangat sejuk dan terkenal dengan daerah pertanian untuk bercocok tanam sayuran. Potensi alam di Bedugul ini tidak saja dimaanfaatkan untuk berscocok tanam saja, namun untuk program petualangan serta outbound training ataupun program edukasi lainnya juga sangat bagus bila diselengarakan di daerah ini. Dengan keadaan alam, fasilitas, serta program yang dimiliki oleh The Sila’s Agrotouirsm, bisa diyakinkan bahwa sangat sesuai untuk program perusahaan yang ingin mengadakan program Outing ke Bali, Team Building di Bali, Gathering di Bali, dan lain sebagainya. Tidak hanya sesuai untuk program perusahaan saja, namun bagi perorangan atau keluarga pun yang merasakan kejenuhan hiruk pikuk suasana kota, sangat sesuai untuk menikmati fasilitas dan program yang dimiliki The Silas Bedugul.

utbound The Sila’s Agrotourism Bedugul mempunyai area yang sejuk serta pamandangan yang indah jika berada pada posisi titik tertentu, merasakan alam yang akan membuat pikiran lebih jernih. Maka dari itu penyedia Wisata Adventure Bali atau wisata petualangan Bali The Sila’s Agrotourism sering dipergunakan oleh Corporate untuk Program Outing Bali ataupun Outbound Bali.

Bagi yang telah memutuskan tujuan wisata atau acara lainya di The Silas, maka jangan kawatir, untuk wisatawan domestik akan menadapatkan harga tiket masuk yang spesial. Anak dan Dewasa telah diperjitungkan dengan harga yang berbeda, harga tiket masuk untuk anak-anak, lebih murah daripada tiket dewasa.

7. Pemandian Air Panas Angseri, Kecamatan Baturiti. Kabupaten Tabanan

angseri

Tabanan lebih terkenal dengan lumbung berasnya Bali, tapi juga memiliki beragam tempat menarik uang bisa melengkapi daftar objek wisata di Bali , mulai dari kawasan pantai, hamparan persawahan dan pegunungan yang menjadi aset unggulan dalam industri pariwisata, dan yang tidak kalah menariknya adalah Spa alam sumber mata air panas Angseri di Kecamatan Baturiti yang menjadi primadona warga untuk melepaskan penat, bahkan dari kawasan ini, 5 menit dengan kendaraan anda bisa menyaksikan hamparan persawahan yang sangat luas yaitu Jatiluwih yang sudah di akui dunia sebagai warisa cagar budaya, yang akan tetap di jaga lestari. Sumber mata air ini sendiri terletak ditengah hutan bambu, pada ketinggian 700 mdpl sehingga cuaca begitu sejuk, sehingga menjadi perpaduan harmonis dengan keberadaan kolam-kolam yang menampung air untuk berendam. Untuk menuju ke air panas Angseri yang bersuhu sampai 46 derajat Celcius, anda bisa ikut paket tour yang kami kemas, bisa juga dengan sewa mobil di Bali , medan menuju lokasi sedikit menanjak dan menurun dengan banyak kelokan yang menyuguhkan pemandangan lembah hijau yang kelihatan begitu asri, kontur jalan di dekat lokasi belum begitu bagus, tapi segala usaha akan terbayar lunas setelah tiba di lokasi.

8. Alas Kedaton, Kecamatan Tabanan. Kabupaten Tabanan

alas-kedaton

Obyek wisata Alas Kedaton salah satu tempat menarik di Bali dengan kehidupan kera hutan yang berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, kota Tabanan, 4 km dari kota Tabanan, maka tempat ini sekarang terkenal bernama Taman Wisata Alam Alas Kedaton (Alas Kedaton Monkey Forest), memiliki pesona hutan lebat serta banyak dihuni oleh kera, jumlahnya sampai ratusan, diperkirakan sekitar 400-an populasi monyet. Sejumlah pemandu atau guide tersedia di kawasan objek wisata Alas Kedaton, siap menemani journey anda berkeliling hutan.

Objek wisata Alas Kedaton ini tertata dengan baik dan rapi, mulai dari penataan parkir, kios pedagang dan tempat areal dimana biasanya berkumpul, di kawasan ini ada juga sekumpulan kelelawar besar / kalong hidup bergelantungan diatas pohon untuk tidur sambil menunggu malam tiba, biasanya mereka menghabiskan waktu bergelantungan pada dahan pohon-pohon besar belakang pada kawasan hutan ini.

Di kawasan wisata alam hutan lindung ini, terdapat pura suci diyakini warga memiliki kekuatan magis untuk melindungi areal hutan ini serta warga disekitarnya, upacara piodalan Pura ini jatuh pada hari Selasa (Anggara Kasih) dua puluh hari setelah Hari Raya Galungan.

9. Museum Keramik Tanteri, Kecamatan Tabanan. Kabupaten Tabanan

tanteri

Berwisata di Bali tidak hanya sekadar menikmati suguhan panorama alam yang memikat atau pertunjukan kesenian yang unik. Berbagai hal lainnya juga turut disuguhkan di Pulau Dewata ini. Seperti kerajinan-kerajinan yang kerap menjadi buah tangan setiap berplesir di sini. Satu di antaranya adalah kerajinan keramik yang ditawarkan Tanteri Ceramic Bali, yang berada di Banjar Simpangan, Desa Pejaten, Kediri, Tabanan. Sejak 1987, tempat yang didirikan oleh oleh I Made Tanteri, perintis kerajinan keramik di Desa Pejaten, ini menyuguhkan beragam kerajinan keramik. Tak hanya keramik siap pakai yang disuguhkan di sini. Namun, begitu juga dengan proses pembuatannya. Tanteri Ceramic kini tengah getol mempromosikan kerajinan ini lewat beberapa paket yang ditawarkan kepada pengunjung atau konsumen yang datang, khususnya para wisatawan, bekerja sama dengan pihak travel agen

10. Pantai Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan. Kabupaten Tabanan

gangga

Untuk mengakses pantai Yeh Gangga sangatlah mudah karena sudah tersedia jalan yang beraspal yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Lokasi pantai Yeh Gangga berada di jalan Yeh Gangga, Desa Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Jika Anda berada di kota Tabanan (jalur jalan utama Denpasar-Gilimanuk) maka akan menemukan petunjuk arah ke pantai Yeh Gangga dan merupakan satu jalur dengan jalan menuju Rumah Sakit Wisma Prasanthi. Dari Kota Tabanan, untuk menuju lokasi ini anda akan memerlukan jarak tempuh 10 km. Jika datang dari Kuta atau bandara Ngurah Rai, maka waktu tempuhnya kurang lebih 85 menit. Sedangkan jika datang dari kawasan Denpasar, maka jarak tempuh ke lokasi ini kira-kira 31 km. Akan lebih dekat jarak tempuhnya jika datang dari Objek Wisata Tanah Lot, hanya menempuh jarak kurang lebih 9 km.

Tidak seperti pantai yang ada di Bali Selatan seperti Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, dan Pantai Muaya yang berpasir putih. Justru pantai Yeh Gangga berpasir hitam dengan panorama yang indah menawan. Keadaan pantai ini masih tenang dan nyaman sehingga saat cocok untuk bersantai dan menghilangkan kejenuhan. Saat sore hari di pantai ini wisatawan yang datang dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset) di balik cakrawala.

11. Puri Anom Tabanan, Kecamatan Tabanan. Kabupaten Tabanan

anom

Sejarah Puri Anom Tabanan, tidak terlepas dari ekspansi Kerajaan Majapahit ke Bali pada masa pemerintahan Ratu Tribhuwana Tunggadewi dengan patihnya yang terkenal yaitu Maha Patih Gajah Mada. Patih Gajah Mada beserta bangsawan – bangsawan  kerajaan Majapahit yakni Arya Dhamar atau juga dikenal sebagai Adityawarman (Raja Swarna Dwipa Sumatra) beserta putra putra beliau dan  Arya lainnya menyerang Bali yang pada saat itu dikuasai oleh seorang Raja yang bergelar Bhatara Sri Astasura Ratna Bumi Banten. Kerajaan Tabanan berdiri pada tahun 1343 Masehi dan pada zaman kolonialisme Belanda, Raja Puri Agung Singasana Tabanan terakhir  Ida I Gusti Ngurah Rai Perang, tewas puputan bersama putra mahkota (I Gusti Ngurah Gde Pegeg)  di Badung sesaat setelah Perang Puputan Badung terjadi pada tahun 1906 karena tidak sudi untuk menyatakan tunduk kepada penjajah Belanda. Putri –putri beliau dari Permaisuri  kemudian pindah ke Puri Anom Tabanan pada tahun 1910, Sagung Ayu Oka Menikah dengan Tuan Kramer, clerk kontrolir Belanda , Sagung Ayu Putu menikah dengan I Gusti Ngurah Anom di Puri Anom Saren Taman (Sekarang disebut Puri Anom Saren Kawuh) sementara Putra Putri Raja yang lainnya menetap di Puri Dangin Tabanan. Puri Anom Tabanan didirikan pada masa pemerintahan Ida I Gusti Ngurah Ngurah Agung Tabanan, raja yang ke-19, yang berkuasa pada tahun 1810 – 1843

12. Pantai Kelating, Kecamatan Kerambitan. Kabupaten Tabanan

kelating

Keindahan pulau surga ini memang banyak menyuguhkan kecantikan panorama pesisirnya seperti yang terletak di desa Kelating, Kec. Kerambitan, Tabanan, sehingga dinamakan pantai Kelating, hamparan pantainya berpasir hitam dan landai. Ombaknya terbilang cukup besar, sehingga tempat ini tidak saja cocok untuk bersantai ataupun melepaskan lelah tapi juga olahraga surfing. Namanya memang tidak sepopuler objek wisata Kuta, Jimbaran ataupun Tanjung Benoa, karena belum banyak wisatawan memanfaatkan tempat ini sebagai tujuan tour di Bali, mungkin juga karena belum banyak informasi yang disediakan dan juga agent belum memasukkan dalam paket perjalanan tournya.

Pantai Kelating ini menempati peta pariwisata strategis di wilayah Tabanan, jarak dari ibu kota kabupaten sekitar 30 menit berkendaraan, menjelang sore banyak pengunjung lokal untuk memanfaatkan tempat ini sebagai destinasi wisata untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam, pada siang harinya bisa untuk bersantai, jalan-jalan, berenang ataupun berjemur, suasananya masih tergolong lengang kalau tidak di musim liburan atau weekend tiba, sehingga sepi serta tidak bising, lebih privasi bisa menjadi tempat ideal untuk mendapatkan ketenangan di tengah-tengah suasana pantai yang indah, alami dan menyegarkan.

13. Pantai Pasut, Kecematan Kerambitan. Kabupaten Tabanan

pasut

Tak ada bosannya untuk menceritakan segala rupa keindahan yang berkaitan dengan pantai-pantai di Bali. Salah satunya ialah Pantai Pasut yang memiliki keunggulan utama pasirnya yang berwarna hitam, terlihat begitu luas, dan memiliki pantai yang landai dengan pemandangan alamnya yang menawan. Keindahannya akan semakin tampak terasa ketika sore hari menjelang dimana pengunjung bisa secara langsung melihat sunset yang paling didambakan banyak orang.

Pantai Pasut berada di Desa Tibubiyu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Kurang lebih 14 km dari kota Tabanan. Jarak tempuh untuk menuju ke lokasi kurang lebih 34 km dari kota Denpasar dan kurang lebih 85 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai ini memiliki suasana yang tenang dan damai sehingga sangat cocok untuk melakukan aktifitas semedi atau meditasi sekadar mencari ide atau menenangkan fikiran. Hal demikian bertambah kondusif karena tepat di sebelah barat pantai ini ada sebuah pura yang diberinama Pura Segera dan muara Sungai Yeh Po. Pada saat saat tertentu di muara sungai Yeh Po ini sering dijadikan tempat perlombaan sampan atau perahu tradisional.

14. Puri Agung & Puri Anyar Kerambitan, Kecamatan Kerambitan. Kabupaten Tabanan

kerambitan

Puri Anyar Kerambitan dulunya merupakan istana Kerajaan Tabanan yang dibangun pada abad ke-17. Walaupun sudah sangat lama berdirinya keadaan Puri Anyar Kerambitan ini masih terawat dengan baik dengan bentuk bangunan berciri khas Balinya. Di dalam objek wisata puri ini terdapat pula peninggalan purbakala dan lukisan-lukisan terkenal yang dibuat pada zaman kerajaan terdahulu. Wisatawan yang berkunjung ke Puri Anyar Kerambitan akan disambut dengan berbagai macam atraksi kesenian Bali seperti Tektekan, Joged Bumbung, Andir dan Tarian Legong Leko serta dilengkapi dengan penyungguhan santap malam ala kerajaan sesuai dengan pesanan para tamu yang datang. Sehingga para wisatawan yang berkunjung akan menikmati kehidupan ala kerajaan di Puri Anyar Kerambitan.

Objek wisata Puri Anyar Kerambitan terletak di Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Jarak tempuh objek wisata puri ini dari kota Denpasar adalah sekitar 28 km dan membutuhkan waktu sekitar 80 menit dari Bandara Ngurah. Jalan yang harus anda lalui sama dengan jalan menuju objek wisata Pantai Kelating, karena letak antara kedua objek wisata ini tidak begitu jauh. Sepanjang perjalanan saat memasuki Kecamatan Kerambitan anda akan melihat rumah-rumah penduduk beserta kehidupannya yang masih tradisional Bali, dengan keadaan jalan yang beraspal dengan baik perjalanan anda akan terasa semaki nyaman.

15. Jatiluwih, Kecamatan Penebel. Kabupaten Tabanan

jatiluwih

Sawah berundak Jatiluwih Bali atau sawah terasering Jatiluwih adalah salah satu tempat wisata di Tabanan yang paling populer dengan pemandangan hamparan sawah berundak-undak yang indah selain Tegalalang rice terrace Ubud, Munduk rice terraces, dan objek wisata pemandangan sawah berundak lainnya di Bali.

Jatiluwih adalah sebuah desa yang mempunyai daerah hamparan persawahan luas dengan panorama sawah bertingkat yang indah yang terletak di wilayah Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan Bali. Desa Jatiluwih terkenal sebagai tempat wisata dengan keindahan sawah terasering yang masih menggunakan sistem pengairan sawah tradisional Bali, lokasinya terletak dekat dengan pegunungan Batukaru dengan kondisi udara yang lumayan sejuk.

Untuk mengunjungi obyek wisata Jatiluwih Bali dengan pemandangan sawah bertingkat-tingkat yang indah ini bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 50 KM atau sekitar ± 1 jam 30 menit dari kota Denpasar. Bagi anda yang sedang liburan di pulau Bali, objek wisata sawah terasering Jatiluwih Bali ini bisa dijadikan pilihan untuk berlibur untuk menikmati keindahan panorama sawah pegunungan yang memikat hati.

16. Pura Batukaru, Kecamatan Penebel. Kabupaten Tabanan

batukaru

Bali dikenal juga dengan nama pulau Seribu Pura, tentunya identik dengan keberadaan banyanknya pura di pulau ini, beberapa diantaranya dijadikan sebagai objek wisata yang sangat populer seperti Pura Besakih, Tanah Lot, Uluwatu, Taman Ayun, Goa Lawah dan Ulun Danu Bedugul. Jadi bisa dimengerti daya tarik pulau kecil ini tidak hanya keindahan alam pantainya, sawah terasering ataupun alam pegunungannya, tetapi juga keberadaan tempat ibadah untuk umat Hindu cukup menarik untuk dikunjungi, lokasinya juga memang sangat menarik seperti mengambil tempat wilayah pesisir, lereng gunung dan puncak gunung. Seperti halnya keberadaan Pura Luhur Batukaru lokasinya di lereng Gunung Batukaru. Lokasi dari Pura Luhur Batukaru adalah di desa Wongaya Gede, Kec. Penebel, Kabupaten Tabanan – Bali. Lokasinya di lereng sebelah Selatan Gunung Batukaru, nama pura diambil ada kemungkinan karena nama gunung tersebut. Jarak dari kota Denpasar butuh sekitar 1 jam berkendaraan. Jika anda mengagendakan tour di Bali dan berkunjung ke tempat ini, maka sejumlah objek wisata juga berada dalam satu arah perjalanan seperti pemandangan sawah bertingkat Jatiluwih, taman kupu-kupu atau Bali Butterfly Park serta sejumlah tempat pemandian air panas seperti air panas Belulang, Penatahan dan Angseri, jika acara tour anda seharian penuh bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata danau Beratan Bedugul atau Tanah Lot.

17 Taman Kupu-Kupu Bali, Kecamatan Penebel. Kabupaten Tabanan

kupu

Taman Kupu-kupu Bali adalah salah satu objek wisata di Tabanan yang patut anda kunjungi yang lokasinya di Jl.Batukaru, Br.Sandan Lebah, Desa Wanasari, Penebel, Tabanan – Bali, tepatnya 6 Km ke arah utara dari pusat kota, Taman di buka setiap hari dari Jam 8.00 S/ d Jam 17.00 – 16.00 WITA. Mungkin taman kupu-kupu Bali ini bisa menjadi salah satu obyek wisata alternatif ketika anda berlibur di Bali, apalagi bersama keluarga tersayang. Selain melihat koleksi kupu-kupu dari seluruh Indonesia, anak-anak juga bisa belajar tentang spesies kupu-kupu dan serangga yang menjadi koleksi di taman ini. Selain tentang keaneka-ragaman hayati, anak-anak bisa diajarkan tentang konservasi binatang yang dilindungi. Tentu hal yang sangat menarik dan sangat mendidik belajar di alam bebas seperti di Taman Kupu-Kupu ini. Menempati luas sekitar 1 Ha dan ada juga bagian dengan netting area (ruangan yang tertutup jaring) seluas 3700 m persegi yang fungsinya untuk melepaskan kupu-kupu yang berjumlah sekitar 3500 ekor per bulan, dan terdiri dari berbagai jenis kupu-kupu dari seluruh Indonesia. Taman Kupu-kupu Bali juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti : Framing Butterfly (Bingkai isi kupu-kupu) , Framing Beetle (Bingkai isi kumbang), gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, paper weight (penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu dan aneka kerajinan lainnya yang bisa anda beli secara eceren atau grosiran.

18. Pantai Soka, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan

soka

Kabupaten Tabanan selain memiliki pesisir indah seperti yang kita saksikan di Tanah Lot, juga bisa anda temukan di Pantai Soka, salah satu bagian dari objek wisata di Bali ini wajib anda kunjungi tatkala ingin menikmati alam yang indah, tenang serta menjanjikan kedamaian. Hamparan pasir hitamnya berkilau tatkala kena terik sinar matahari, batu karang di pinggir pantai ikut menghiasi alam pesisir tersebut, lambaian pohon nyiur diterpa angin laut terpadu harmonis, sejauh mata memandang akan membuat anda terhibur serta bisa menghilangkan segala kejenuhan. Pantai Soka terletak di desa Antap, Kec.Selemadeg, Kab.Tabanan, akses menuju lokasi sangat mudah karena berada di pinggir jalan raya utama Denpasar ke Gilimanuk. Dari Bandara Ngurah Rai butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan. Jika tidak ada kendaraan pribadi anda bisa sewa mobil ataupun ikut paket tour di Bali untuk sambil mengunjungi tempat-tempat menarik di wilayah  Kabupaten Tabanan ini seperti objek wisata Alas Kedaton terkenal dengan hutan kera, sawah terasering Jatiluwih dan juga Danau Beratan di Bedugul.

19. Pantai Balian, Kecamatan Selemadeg Barat. Kabupaten Tabanan

balian

Pantai Balian terletak di Banjar Pengasahan, desa Lalalinggah, Kec. Selemadeg, Tabanan – Bali. Akses menuju ke lokasi objek wisata ini sangat mudah, karena berada di jalan raya propinsi Denpasar – Gilimanuk. Jarak tempuh dari bandara sekitar 2 jam berkendara, sedangkan dari Gilimanuk sekitar 84 km. Lokasinya agak jauh dari pusat-pusat pariwisata Bali seperti Kuta, Nusa Dua maupun Sanur, sehingga jarang dikunjungi wisatawan yang bertujuan hanya untuk bersantai menikmati keindahannya. Namun demikian tidak akan mengurungkan niat mereka , bagi pecinta wisata alam pantai dan peselancar untuk menjajal sajian ombak yang ditawarkan.

Pantai Balian di Tabanan Bali ini, memang tidak hanya diperuntukkan bagi mereka para mania surfing, tetapi juga anda yang ingin bersantai menikmati sisi lain pesisir-pesisir pulau Bali, bisa menjadikannya tempat bersantai ideal, suasananya lebih tenang, karena sepi pengunjung hanya wisatawan asing yang berselancar, sehingga anda bisa lebih bersantai menikmati keindahan alamnya dan bisa leluasa. Walaupun pasir pantainya berwarna hitam keabuan tidak mengurangi suasana yang disuguhkan, nuansanya tenang, asri dan damai, cocok untuk menghilangkan penat dan menjauhkan diri dari keramaian. Objek wisata di Bali ini bisa menjadi alternatif lain acara tour di Bali saat anda merencanakan jalan-jalan ke kawasan wisata Bali Barat.

  Air Terjun Blahmantung, Kecamatan P

20. Air Terjun Blahmantung, Kecamatan Pupuan. Kabupaten Tabanan

blahmantung

Air Terjun Blahmantung atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Pupuan berketinggian sekitar 50 m.  Air Terjun ini letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing yang tinggi di tengah perkebunan kopi yang jauh dari perkampungan penduduk.  Suasana di sekitar Air Terjun Blahmantung masih benar-benar alami. Tidak ada bangunan apapun di sekiitar air terjun selain pura dan gazebo yang kondisinya sudah memprihatinkan.
 Sebenarnya ada tiga buah air terjun di kawasan ini.  Air terjun pertama (yang lebih tinggi), letaknya di dekat sebuah pura, dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun kedua yang lebih kecil, letaknya di bawah air terjun pertama, dan terpisah jarak sekitar 200 meter. Untuk menuju air terjun kedua harus menyusuri sungai ke arah bawah.  Air terjun kedua ini hanya dapat dilihat dari atas saja karena untuk melihat dari depan/bawah belum ada akses jalan menuju kesana. Sedangkan untuk air terjun ketiga, akses jalannya agak berbeda dengan kedua air terjun di atas. Untuk mencapainya dari pertigaan (jika belok ke kiri mengikuti jembatan miring akan tiba di air terjun pertama dan kedua) dengan mengambil arah yang lurus (tidak melewati jembatan miring) sejauh beberapa meter dari jembatan tersebut.  Selanjutnya belok kiri, menyusuri jalan setapak di samping sebuah anak sungai (kanal) hingga tiba di Bendungan Irigasi Sabah Hulu.  Air terjun ketiga ini berada di seberang bendungan tersebut.  Sayangnya, air terjun ini tertutup pepohonan dan semak-semak yang rimbun, sehingga tidak bisa kelihatan semuanya.  Bila terlihat semua, air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun pertama.

21. Vihara Dharma Giri, Kecamatan Pupuan. Kabupaten Tabanan

viharaPatung Budha Tidur Di Bali.  Vihara atau Wihara adalah tempat suci peribadahan bagi umat yang beragama budha. Umumnya masyarakat mengetahui Vihara dari banyaknya patung-patung budha yang dibangun di tempat suci tersebut. Di Bali khususnya di kabupaten tabanan, terdapat wihara megah bernama Vihara Dharma Giri dimana terdapat Patung Budha Tidur Di Bali yang dibangun begitu besar dan megah. Vihara ini berlokasi di Jalan Raya Pupuan, Tabanan, Bali.

Belum banyak orang yang tahu tempat vihara ini, karena memang tujuan utama vihara ini dibangun adalah sebagai tempat peribadahan bagi umat budha. Namun bagi anda yang ingin datang hanya untuk sekadar melihat-lihat vihara ini masih diperbolehkan, asalkan anda dapat menjaga ketenangan karena vihara adalah sebuah tempat suci dan tempat umat budha melaksanakan semedi.

Masuk kedalam vihara tidak dipungut biaya apapun, anda akan disapa oleh penjaga vihara yang nantinya akan memberikan sedikit arahan ketika anda memasuki area vihara tersebut. Dilarang menggunakan celana pendek untuk memasuki area vihara, dan sebaiknya anda sudah mengenakan celana panjang dari rumah. Namun bagaimana jika anda lupa mengenakan celana panjang? tenang saja, disana sudah disediakan kain (kamen) yang nantinya diikatkan di pinggang layaknya rok panjang sampai ke kaki.