33 Tempat Wisata Murah dan Gratis di Bali yang Kamu Gak Pernah Tau - Bali Destiny Travel

Untuk kamu yang ingin pergi liburan tanpa merogoh kocek terlalu dalam, artikel ini cocok untukmu. Kenapa harus bayar mahal untuk hal-hal yang touristy sementara kamu bisa mendapatkan pengalaman beneran dengan gratis?

Berenang di kolam kecil di laut, atau bersantai di kolam air panas di Tabanan. Dan bagaimana dengan mengunjungi desa para tuna rungu atau menyaksikan tarian dramatis atau yang lebih dikenal dengan nama Gambuh?

Apakah kamu tertarik dengan pemandangan indah dan aktivitas yang seru atau ingin mendalami uniknya seni dan kebudayaan Indonesia? – Ada 33 hal yang bisa kamu lakukan di Bali dengan gratis tanpa biaya yang akan membuat pengalaman berliburmu semakin seru dan kamu juga berkesempatan untuk mendalami apa yang ada dalam hatimu sendiri.

Bacalah, dan enjoy!

1. Berjemur di laut yang keemasan

Kami mendengar soal ladang bunga Calendula/Marigold di sepanjang jalan antara Bedugul dan Kintamani dan tentu saja harus kami cantumkan disini.

Calendula atau Marigold adalah salah satu bagian signifikan dari kebudayaan Bali yang warna emasnya diasosiasikan dengan Sang Hyang Widhi Wasa, Dewa Bali yang utama.

4. Marigold Fields-by-gusdephotography-2

Photo via: Gusde Photography

Bunga ini biasanya digunakan untuk sesajen, disatukan bersama beras dan dupa untuk membuatnya menjadi paduan yang cantik dan sempurna.

Kalau kamu mencari sesuatu yang lain dari perjalananmu, ladang bunga Calendula/Marigold ini akan memberikanmu hasil foto yang luar biasa.

Ladang Bunga Calendula/Marigold

Directions: 15-30 menit menyetir dari Bedugul ke arah Kintamani, dan kamu akan menemukan ladang ini sepanjang jalan

2. Semburan air yang luar biasa di Nusa Dua (waterblow)

Bayangkanlah ombak dari Samudera Hindia menerjang tebing berbatu, pernahkah kamu melihat semburan air seperti ini secara langsung? Kunjungi tebing batu tersembunyi di Nusa Dua untuk menyaksikan salah satu fenomena alam yang luar biasa cantik ini.

1-via-denbima

Fenomena alam ini terjadi saat ombak menerjang bagian sudur antara tebing batu yang kemudian menghasilkan tekanan lalu muncrat ke atas.

1. Nusa-Dua-Waterblow-by-perfecttravelling-1

Photo via: Perfect Travelling

Dan ingatlah, harus hati-hati menjaga jarak agar kamu tidak ikut basah.

Photo via: corural

Semburan air yang luar biasa (waterblow)

Directions: Berlokasi dekat hotel Grand Hyatt, cari ladang rumput yang luas, ikuti jalan setapak menuju pintu masuk area waterblow.
Alamat: Pantai Nusa Dua, Semenanjung Nusa dua, Badung, Bali 80517

1. Nusa-Dua-Waterblow-by-penginapanonline-3

Photo via: Penginapanonline

3. Merasakan kehidupan bak anggota kerajaan di Lotus Lagoon (kolam teratai)

Dengan pemandangan megah di Kolam Teratai seindah di Candidasa, kamu akan merasa seperti bagian dari anggota kerajaan.

19. Candidasa-Lotus-Lagoon-by-Миклуха Маклай

Photo via: Миклуха-Маклай

Salah satu hal yang menonjol dari Candidasa (dan juga yang paling cantik!) adalah Kolam Teratai yang dipenuhi oleh teratai berwarna merah muda dan fuchsia, juga kebun yang dihiasi dengan patung-patung tepat di bagian tengahnya.

Bali, Karangasem, Candidasa. A freshwater lagoon full of lotus flowers beneath the temple.

Photo via: Photoshelter

Ini adalah pemandangan yang pasti ingin kamu lihat, dan bila sudah melihatnya, kamu dapat mengunjungi pura utama di sekitar situ yang sudah ada disana sejak abad ke-11 berlokasi tepat ada di depan Lotus Lagoon.

Lotus Lagoon

Alamat: Jl. Candidasa, Karangasem, Bali, Indonesia, 80851.
Koordinat di sini.

4. Mengunjungi Laut Rusak – Pasih Uwug

Pasih Uwug, yang juga dikenal sebagai laut rusak adalah salah satu hal unik dari Nusa Penida yang juga adalah salah satu fenomena geologis.

Kenapakah tempat ini dikenal sebagai laut rusak? Ketika sampai disana, hal pertama yang akan kamu lihat adalah sebuah lengkungan di sebuah tebing batu. Ada yang bilang, lengkungan –atau lubang di tebing batu ini dulunya adalah sebuah gua.

9. Pasih-Uwug-by-Manbutur-Fluidr

Full image credit: ManButur Photography

Lantai gua ini dulunya runtuh dan menyebabkan lengkungan yang sekarang kita lihat. Lubang di tengah tebing batu ini menyebabkan air lautan dapat melewati tebing batu dan membuat kolam alami yang cantik dan bahkan bisa dipakai berenang

9. Pasih-Uwug-by-polyailchenko

Photo via: Polyailchenko

Pasih Uwug

Alamat: Jalan Batu Nunggul, Nusa Penida.

5. Secret Getaway ke Angel’s Billabong

Angel’s Billabong adalah tujuan getaway rahasia di Nusa Penida yang berbentuk infinity poll yang menakjubkan.

23.-Angels-Billabong-by-Sarah-Octova-Sinaga

Photo via: Sarah Octova Sinaga

Bayangkanlah, kami aja berharap lagi bersantai sekitar Angel’s Billabong saat ini.

23. Angels-Billabong-by-patbom-1

Photo via: patbom

Angel’s Billabong

Cara kesana: Tidak terlalu jauh dari Pasih Uwug (laut pecah). Setengah kilometer berjalan dari Manta Point ke batu karang dekat situ, turun dari satu sisi untuk berenang di kolam yang luar biasa ini.
Alamat: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida

6. Treasure di Pantai Suluban

Semua tahu kalau Pantai Suluban adalah surganya para surfer, tapi Gua Suluban mungkin adalah keindahan yang sesungguhnya dari area ini.

21. Suluban-Cave-by-lovethesepics-3

Photo via: lovethesepics

Kelihatannya hamper seperti setting film Pirates of the Carribean dengan kemegahan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, Gua Suluban memberikan efek misteri dan mistis.

21. Suluban-Cave-by-tuulavintage-2

Photo via: tuulavintage

Berlokasi persis di bawah Uluwatu, gua ini adalah jalan menuju pantai dekat Pura Uluwatu, pura menakjubkan yang juga harus kamu kunjungi.

Pantai Suluban

Directions: Cara kesana : Terletak di Bukit Peninsula, Pantai Suluban menghubungkan antara Kuta dan Denpasar lewat Jimbaran melalui Jalan Bypass Nusa Dua yang ramai dan ini adalah jalan satu-satunya, kira-kira 34 km dari Denpasar. Koordinat di sini.

7. Snorkel di air bening, Nusa Penida

Lupakan Maldives.

Crystal Bay di Nusa Penida terkenal akan pantai berpasir putih dan air jernih yang memungkinkan kita melihat bawah laut dengan jelas. Tempat ini cocok untuk mereka yang ingin bermalas-malasan di pantai.

crystal bay via atata_ata

Photo via atata_ata

Crystal Bay juga adalah tempat diving yang terkenal dengan Mola Mola. Banyak penyelam datang hanya untuk menyaksikan ikan spektakuler ini terutama antara bulan Juni dan Oktober.

5. Crystal-Bay-Nusa-Penida-by-okdiversbali-2

Photo via: okdiversbali

Kalau kamu tidak datang untuk menyelam, kamu mungkin ingin mencoba snorkeling disana. Seorang pengunjung pernah berkata “Crystal Bay adalah spot terbaik untuk snorkeling, bersantai dan menikmati sinar matahari”

Crystal Bay

Cara kesana: Ambil jalan kecil menuju barat di Desa Sakti, terus jalan sampai kamu menemukan pantainya. Persis di bagian luar teluk, ada batu besar (atau pulau kecil) yang dapat digunakan sebagai petunjuk.
Alamat: Bagian Barat Nusa Penida. Di Banjar Penida, sebelah Barat Desa Sakti, sebelah barat laun menghadap Nusa Ceningan.

8. Berendam di “Jacuzzi” di Pantai Tegal Wangi

Fenomena alam lain yang sebaiknya jangan dilewatkan – pergilah ke Pantai Tegal Wangi. Kamu akan dikejutkan (in a good way) oleh tempat yang menyenangkan ini.

Pernah punya keinginan untuk berendam di kolam pribadi dengan pemandangan indah ke lautan? Kamu bisa mewujudkannya di Pantai Tegal Wangi.

2. Tegalwangi-Hole-in-the-sea-by-Ragaindra-2

Photo via: Ragaindra

Dengan adanya kolam kecil di pantai yag berisi air laut, langsung dari laut sendiri, kamu bisa menikmati berendam dengan nyaman di Jacuzzi pribadi.

2. Tegalwangi-Hole-in-the-sea-by-Ivan Marky

Photo via: Ivan Marky

Pantai Tegal Wangi

Cara kesana: Jalan menuruni bukit dari Pura Tegalwangi. Koordinat di sini.
Alamat: Jalan Pura Tegalwangi, Badung, Jimbaran

9. Menyaksikan matahari terbenam dengan cara yang lain – Pantai Kelan

Kelan Beach sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam terletak dekat airport.

7. Kelan-Beach-Airplace-via Made Suwita

Photo via: Made Suwita

Kelan Beach adalah tempat terbaik untuk mendapatkan foto matahari terbenam dengan aksen foto pesawat yang sedang lepas landas menuju matahari. Jangan lupa untuk posting foto ini di Instagram!

7. Kelan-Beach-Airplace-via Photo via- Flickr by Bandem Suandi

Photo via: Flickr by Bandem Suandi

Pantai Kelan

Cara kesana: Pantai Kelan berlokasi sebelah runway Bandara Ngurah Rai, sisi paling utara dari teluk Jimbaran Akses ke Pantai Kelan adalah lewat Jalan Segra Mady, atau bisa juga jalan melalui pantai dari Kedonganan melewati pasar ikan menuju Pantai Kelan. Temukan titik terbaik untuk mendapatkan foto pesawat lepas landas dengan background matahari terbenam.

10. Meluncur di air terjun, Air Terjun Aling-Aling

Kunjungi air terjun setinggi 35 meter bernama Aling-Aling ini. Air terjun ini unik karena ada 2 air terjun yang terpisah di puncak, sehingga menyebabkan adanya dua aliran air terjun yang mengalir dengan kecepatan berbeda.

Tapi yang lebih unik dari Aling-Aling adalah bahwa air terjun ini telah menjadi seluncuran alami. Ya, kamu bisa meluncur di air terjun ini!

12. AlingAling-Waterfall-by-ibhekti-3

Photo via: ibhekti

Kalau kamu pernah berpikir betapa hebatnya kalau bisa meluncur dari sebuah air terjun, Aling-Aling adalah mimpi yang jadi kenyataan.

Air Terjun Aling-Aling

Cara kesana: Bermobil dari Singaraja ke Desa Sambangan, dimana banyak terdapat petunjuk arah. Bertanyalah pada penduduk sekitar karena jarang sekali turis yang mengunjungi air terjun ini. lama-lama rusak dan membusuk. Meskipun hamper siap untuk dibuka, lengkap dengan toilet, tempat tidur dan lain-lain, tak pernah terlihat satu tamu pun disitu.

11. Ingin mengalami hal-hal berbau supranatural? Hotel Taman Rekreasi Bedugul.

Pergilah ke Istana Hantu Hotel (julukan yang sangat tepat untuknya) untuk merasakan suasana ngerinya (kalau kamu berani ya!)

8. Taman-Rekreasi-Bedugul-Hotel-by-Piet Mulder 2

Dan kalau kamu ingin menjelajahi tempat ngeri lainnya di Bali, silakan kunjungi artikel kami tentang tempat-tempat yang terbengkalai di Bali (artikel dalam Bahasa Inggris).

8. Taman-Rekreasi-Bedugul-Hotel-by-Piet Mulder

Photos via: Piet Mulder

Hotel Taman Rekreasi Bedugul

Cara kesana: Menyetir selama setengah jam ke arah Bedugul dari Kuta.

12. Jalan-jalan romantis di Bukit Campuhan

Bukit Campuhan adalah jalur berjalan kaki yang tidak biasa, yang akan membawa kamu melewati sawah-sawah, gubuk ala Indonesia yang unik, dan villa-villa cantik.

14. Campuhan-Ridge-Walk-by Comohotels

Photo via: Comohotels

Waktu yang tepat untuk memulai sesi berjalan kaki ini adalah pagi-pagi, lebih baik lagi sebelum matahari terbit supaya nanti tidak tersengat sinarmatahari kalau berangkat terlalu siang.

14. Campuhan-Ridge-Walk-by flyingfourchette

Photo via: flyingfourchette

Kupu-kupu akan menemani kamu selama berjalan selama 2-3 km, kamu bisa berhenti di Karsa Kafe di perjalanan pulang. Beristirahatlahh sejenak dan minum air putih yang cukup sebelum kamu memulai kembali perjalanan. Untuk menikmati keindahan Ubud kamu bisa pesan paket tur disini.

Bukit Campuhan

Cara kesana: Mulailah perjalanan di Villa & Spa Warwick Ibah Jl. Campuhan menuju ke arah sekolah dimana tersedia tempat parkir. Sebelum sampai ke Jembatan Campuhan, ambil jalan setapak di sebelah kanan yang menuju ke Pura Gunung Lebah dan teruskan perjalanan sampai kamu melihat jalan beraspal. Ikutilah jalan tersebut dan disanalah perjalananmu dimulai.

13. Bangkai pesawat yang terbengkalai untuk petualangan seru.

Apakah kamu pernah mendengar tentang bangkai pesawat yang terbengkalai di Kuta dan Pandawa? Kelihatannya, perjalanan menyusuri bangkai pesawat ini sudah menjadi hal populer di Bali.

10. abandonedplane3 panoramio by Simon Potter, imgur

Photo via: Simon Potter, imgur

Dari Boeing 737 tua yang secara misterius terdampar di tengah perumahan di Kuta di tengah perumahan di Kuta, atau ada satu lagi di Kuta Selatan dekat Pantai Pandawa, bangkai-bangkai pesawat ini adalah objek menarik untuk difoto.

10. Abandoned-Plane-by-fashionferno

Photo via: fashionferno

Dan untuk kamu yang selalu ingin tau rasanya menyetuh sayap pesawat, atau bahkan jalan di atasnya, kamu dapat melakukannya di bangkai pesawat ini!

Bangkai pesawat di Bali

Cara kesana: Bangkai pesawat pertama ada di antara Dunkin Donuts (Jl. Raya Legian Kita) dan Indo Nature Stone di Kuta. Koordinat di sini.
Yang kedua ada di Kuta Selatan, sepanjang Jalan Nusa Dua Selatan. Dapat dicapai dengan menyetir selama 5 menit atau jalan kaki selama 40 menit dari Pantai Pandawa. Koordinat di sini.

14. Banyan Tree untuk diposting di Instagram

Bukan, kita bukan lagi ngomongin nama hotel. Ini pohon beneran, Banyan Tree yang ada di Desa Gesing, area Utara Bali.

Dipercaya sudah ada sejak 700 tahun lalu, akar dari pohon bertinggi 85 meter ini bahkan sudah menjadi labirin yang bisa kamu eksplor dan lalui.

17. Giant-Banyan-Tree-by-Supriyadi

Photo via: Supriyadi

Ingin petualangan yang lebih seru? Cobalah mendaki mendekati puncak pohon ini.

Orang Bali percaya bahwa ada kekuatan spiritual di dalam pohon ini. Menurut legenda, pohon ini dulu digunakan penduduk lokal untuk bersembunyi dari serdadu Belanda.

Oya, jangan lupa juga mengucapkan keinginan karena katanya keinginan yang diucapkan di depan pohon ini bisa jadi kenyataan!

Banyan Tree

Cara kesana: Menuju Desa Gessing dari Munduk (5 km). Cari petunjuk jalan menuju ke Banyan Tree.
Alamat: Munduk, Banjar, Buleleng, Bali

15. Bagaimana dengan pantai berbatu yang misterius? Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh, yang adalah pantai tersembunyi di Bali pantai tersembunyi di Bali, dikenal sebagai pantai berbatu misterius adalah sebuah penemuan yang luar biasa.

26. YehLeh-Beach-by-Kirana-Photography-1

Photo via: Kirana Photography

Di Pantai Yeh Leh, kamu tidak akan menemukan pantai berpasir seperti biasa, tapi justru kamu akan menemukan ribuan batu memenuhi pantai ini.

Apakah merupakan bagian dari ganggang atau terbawa ombak, tidak ada yang tahu bagaimana batu-batu ini bisa ada disana.

Ketika ombak sedang agak surut, pergilah ke bawah untuk melihat pemandangan. Dan apabila memungkinkan, sempatkanlah menyaksikan matahari terbenam yang menyinari setiap batu yang berserakan di pantai.

Pantai Yeh Leh

Cara kesana: Pantai Yeh Leh terletak di Jembrana, persis setelah Jalan Tol Denpasar-Gilimanuk.

16. Surga bagi pecinta mobil kuno

Selain bangkai pesawat yang terbengkalai, di Kuta juga ada alat transportasi lain yang juga memberikan suasana nostalgia yaitu skuter dan mobil kuno. Katakanlah Plymouth Deluxe 1951, Australian 1961 Ek Holden, Classic VW Combi Vans, vespa kuno dan lain lain.

Meurut David dari Balithcreativesojourn yang ngobrol bersama kami perihal keberadaan mobil kuno di Bali, “selain Vespa dan skuter Italia kuno, ada juga klub-klub eksklusif yang bekerja sama dengan VW Combi Vans dan Holden buatan Australia. Tak dapat diduga apa yang akan kamu temukan di Bali”.

11. Vintage-Cars-VW-Kombi-Van-by-balithecreativesojourn, exoticridesbali, heinkelscooter

Photo via: balithecreativesojourn, exoticridesbali, heinkelscooter

Kami sangat setuju, siapa yang mengira akan menemukan harta seperti mobil dan skuter kuno di Bali, terutama di Kuta?

Kalau kamu ingin merasakan naik tumpangan yang eksotis, kontak: info@exoticridesbali.co
Telepon:
 +62 361237008

Website Resmi 

17. Menikmati alam di tengah kemegahan Bali

Selagi di Bali, sangat menyenangkan kalau dapat menyaksikan indahnya hamparan sawah hijau. Kemegahan hamparan sawah terutama di tegallalang akan membuatmu terpesona dengan keindahannya.

Terletak di dataran tinggi, Tegallalang adalah salah satu dari tiga tanah berundak yang terkenal di Ubud.

13. Tegallalang-rice-terraces-by cilelecile

Photo via: cilelecile

Tempat yang pas untuk pelukis, seniman, dan pecinta ala,. Kamu bahkan akan menemukan banyak gallery seni dan café di sekitarnya, kamu juga bisa membawa pulang aneka hasil seni khas Bali.

Tegallalang Rice Terraces

Alamat: Antara Tegallalang dan Ubud, Ubud Bali 80517. Koordinat di sini

18. Tidak ada Ninja Turtles disini! – Tempat Penangkaran Kura-kura & Pusat Edukasi

Untuk outing bersama keluarga, Turtle Centre di Pulau Serangan akan membuat semua anggota keluarga senang, dari anak-anak sampai orang dewasa.

Pusat penangkaran kura-kura serta pusat pendidikan ini menawarkan banyak aktivitas yang menarik , dari mengamati bayi kura-kura menetas, memegang kura-kura usia tanggung, melihat kura-kura dalam berbagai ukuran dan lain-lain. Kunjungi link kami mengenai tempat yang harus dikunjungi di bali kalau kamu adalah pecinta hewan.

15. TCEC-by-Jule, April Ferguson, amir azahari

Photo via: Jule, April Ferguson, Amir Azahari

Kalau kamu datang pada saat yang tepat dan beruntung, anak-anak akan dapat menyaksikan pemberian makan kura-kura yang tentu menarik untuk mereka.

Sebelum kamu pergi, jangan lupa mengisi buku tamu dan dapatkan souvenir menarik dari tempat ini.

Pusat Penangkaran Kura-kura & Pusat Edukasi

Cara kesana: Kunjungilah tempat ini saat musim bertelur ; Mei, Juni, dan Juli. Dari Denpasar ambillah jalan menuju bagian timur kota, Pusat Penangkaran Kura Kura dan Pusat Edukasi terdapat di Pulau Serangan. Pulau ini terhubungkan dengan bagian utama Bali dengan jalan raya dan masih merupakan wilayah kotamadya dari ibukota Bali yaitu Denpasar. Kamu dapat mengendarai motor, mobil atau perahu untuk menuju kesana. Tidak ada transportasi umum tersedia.
Alamat: Jalan Tukad Wisata No 4 Link Pojok Serangan, Denpasar Selatan, Bali 80229
No telepon: +62 813 3849 0357

19. Mendambakan berendam di pusat pemandian air panas yang mewah?

Nampaknya, pemandian air panas di Banjar dikenal dengan air yang bermukjizat menyembuhkan.

Dikelilingi dengan pohon-pohon hijau, pemandian air panas ini berisi air yang mengalir dari batu berbentuk naga mistis, hamper mirip dengan sebuah adegan di Game of Thrones. (Khaleesi, air mandimu sudah siap)

16 banjar-by-morgane

Photo via: morgane

Kamu bisa bersenda gurau dan berendam di antara 3 kolam yang tersedia, dimana masing-masing kolam mengandung air bersulfur dengan panas 37 derajat celcius. Air di kolam ini juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.

16.Banjar-Hotsprings-by-thatsofarahz

Photo via: thatsofarahz

Baik kamu percaya atau tidak akan khasiat magis dari pemandian air panas Banjar, rendaman sejenak di kolam ini akan membuat tubuhmu rileks dan ringan.

Pemandian Air Panas Banjar

Cara kesana: Melewati Desa Banjar (tibalah sebelum jam 10 pagi untuk menghindari keramaian)
Alamat: Jalan Banjar, Banjar, Area Pantai Lovina

20. Keajaiban Danau Tamblingan

Danau Tamblingan (artinya penyembuhan spiritual) adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi kalau kamu menyukai tempat yang tenang dengan pemandangan yang indah.

20. Tamblingan-Lake-by-yandeardananaphotography-1

Photo via: yandeardananaphotography

Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Danau Tamblingan, antara lain menghirup udara segar dan berjalan kaki melewati hutan hujan yang kaya akan flora dan fauna.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk memancing atau sekedar untuk menyusuri danau yang indah ini.

20.-Tamblingan-Lake-by-ari-amphibia

Photo via: Ari Amphibia

Saat kamu berjalan berkeliling area ini, kamu akan banyak menemukan banyak tempat duduk-duduk dimana kamu bisa bersantai dan menikmati obrolan santai dengan partner travelingmu.

Danau Tamblingan
Alamat : Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Bali. Koordinat di sini

Danau Tamblingan

Alamat: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Bali. Koordinat di  sini

21. Rumah mengambang di tengah danau?

Di Danau Batur kamu bisa melihat pemandangan indah dan berkesan romantis dari sebuah rumah terlantar yang setengah tenggelam di tengah-tengan danau.

Mungkin saja rumah ini terlantar setelah terkena banjir, yang jelas sekarang menjadi rumah baru untuk penduduk Danau Batur. Para fotografer menyukai pemandangan ini karena manghasilkan foto yang menarik.

22. Floating-House-by-Agoes-Antara

Photo via: Agoes Antara

Dan apakah kamu tahu kalau Danau Batur adalah Danau berkawah yang berlokasi di Gunung Batur yang berapi? Dengan refleksi air yang bening,danau ini jelas adalah salah satu dari banyak tempat dimana kamu akan mendapatkan pemandangan terbaik di Bali.

Rumah mengambang di Danau Batur

Cara kesana: Kamu dapat menyetir selama 30 menit ke Danau Batur di Kintamanin dari Ubud, atau kamu bisa juga mengambil sesi tour privat ke ali Selatan dan Lovina mempunyai tempat perhentian di Kintamani.
Koordinat di sini.

22. Warna warni indah di lautan

Pergilah ke Pantai di Sannur dan kamu akan mendapati pemandangan unik berupa nelayan lokal yang sedang berlayar dengan perahunya yang berwarna warni.

Perahu-perahu ini dikenal sebagai ‘jukung’ yang berwarna-warni, bahkan pelangi pun bisa iri melihatnya.

24. Sanur-Jukung-by-balisuryadivecenter-3

Photo via: balisuryadivecenter

Para nelayan berlayar di malam hari dan pulang sebelum fajar tiba dengan membawa hasil tangkapannya untuk dijual di pasar seafood.

Dan asiknya, kalau kamu ingin berselancar atau snorkeling di lepas pantai, jukung ini bisa disewa lho.

Pantai Sanur

Alamat: Sanur, Denpasar, Bali.

23. Istana Air Istimewa – Istana Air Ubud

Di siang hari, Istana Air Ubud Nampak sangat megah, di malah hari kesan megahnya berubah menjadi magis.

Berjalanlah menyusuri jembatan melewati banyaknya kolam teratai dan perhatikanlah semua patung dan seni arsitektur yang ada di sekitarnya. Berjalan-jalan di Istana Air Ubud hamper sama rasanya dengan berjalan di pusat karya seni agung yang penuh dengan bunga.

28. Ubud-Water-Palace-by-divergenttravelers-2

Photo via: divergenttravelers

Bila memungkinkan, mampirlah ke Café Lotus untuk sesi istirahat yang menyenangkan di tengah-tengah kolam teratai

Istana Air Ubud

Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Bali
Koordinat di sini

Kebudayaan dan Seni

24. Berkunjung ke Desa Tuna Rungu

Bengkala, yang juga dikenal sebagai Desa Tuna Rungu (atau desa dengan hati, menurut kami), bisa menjadi pengalaman berharga yang dapat mengubah hidupmu.

29. Village-of-the-deaf-by-mehthesheep-1.webp

Di daerah tersembunyi ini, tidak seperti namanya, sebenarnya hanya ada 50 orang tuna rungu (dikenal sebagai kokok) dari keseluruhan penduduknya yang berjumlah 2000 orang.

Bagaimanapun, keseluruhan desa ini membuat penduduk mereka yang tuna rungu merasa betah melalu bahasa mereka. Para penduduk tuna rungu diberikan pendidikan yang layak dan menggunakan bahasa isyarat, yaitu Kata Kolok untuk berkomunikasi.

Kata Kolok khas Bengkala ini berbeda dari Bahasa Bali dan bahasa isyarat lain di dunia.

(Kalau kamu berkesempatan mengunjungi desa yang saat ini dibiayai oleh yayasan amal privat, berilah donasi agar kamu juga dapat menolong mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak juga)

Desa Tuna Rungu

Cara kesana: Pergilah ke bagian utara Bali dengan bis ke Sigaraja lalu pergilah ke Jagaraga. Dari sana kamu dapat berjalan menuju Bengkala (10km), kamu akan menemukan tanda selamat datang. Untuk lebih nyamannya, kamu dapat menyewa sepeda motor atau menyewa ojek lokal untuk mengantarmu ke Bengkala.
Alamat: Bengkala, Kubutambahan, Buleleng, Bali

25. Pembuatan Batik dan Penenunan Khas Bali

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak tentang rumitnya hasil karya seni khas Bali, kamu harus melihatnya sendiri secara langsung.

Berkelilinglah sekitar desa Tohpati dan kamu akan menemukan beberapa pabrik batik besar dimana kamu bisa melihat sendiri para seniman bekerja disana.

Saksikan proses dari awal pembuatan batik dari mulai digambar dengan pinsil kemudian di lilin, lalu diwarna sebelum kain-kain ini digodok dan dikeringkan untuk menghasilkan batik yang sempurna.

30. Batik-Factory-by-maestrobali, balidriverinfo, suryanathatours, allbalitourservice

Photo via: maestrobali, balidriverinfo, suryanathatours, allbalitourservice

Dan saat mereka sudah selesai, belilah batik ini untuk dibawa ke rumah.

Kunjungi Batik Popiler II, salah satu toko yang direkomendasikan di Desa Tohpati.

Pembuatan Batik dan Penenunan Khas Bali

Lokasi: Koordinat di sini

26. Kamu Mau Memahat Batu, Kayu dan Membuat Topeng?

Hal lain yang juga menarik untuk dilihat dari Desa Batuan adalah banyaknya workshop pahatan batu.

Kalau kamu lebih suka pahatan kayu atau pembuatan topeng, maka Mas adalah tempat yang tepat untukmu.

31. Batuan-stone-carving-by-tropicalholidaydeals, mailasail

Photo via: tropicalholidaydeals, mailasail

Berlokasi di jalan utama dari Denpasar ke Ubud, Desa Mas terkenal dengan gaya pahatan kayunya yang lain dari yang lain, yang harus kamu kunjungi adalah Mas Carving Centre.

31. Batuan-mask-making-by-icbali-3

Photo via: icbali

Amatilah para seniman menghasilkan keajaiban dengan kayu, topeng, dan seperti biasa, belilah satu karya mereka untuk dibawa pulang!

Pahatan batu: Batuan Sukawati, Gianyar Regency, Bali. Koordinat di sini
Pahatan kayu dan pembuatan topeng: Desa Mas, Ubud, Bali. Koordinat di sini.

27. Workshop Perhiasan yang Terkenal di Celuk

Prapen adalah workshop dan showroom perhiasan yang terkenal. Dimiliki oleh keluarga asli Bali yang memang bergerak di bidang perhiasan perak, dan bahkan para pendahulunya adalah pembuat barang-barang untuk upacara adat.

Berlokasi di desa pandai besi tradisional, Celuk, Prapen menghasilkan perhiasan perak menggunakan tehnik rahasia yang sudah dilakukan oleh beberapa generasi dalam keluarga mereka.

32. Celuk-Jewellery-by-jakartapost, travelinggrandparents-wordpress-3

Photo via: Jakartapost, Travelinggrandparents

Di workshop terbuka yang dipenuhi oleh para pengrajin, kamu dapat menyaksikan proses mereka menghasilkan pernak pernik khas Bali yang sangat cantik.

Kalau mau, kamu bahkan bisa juga membuat perhiasan sendiri dan membawanya pulang (ga gratis sih ☺)

Workshop Perhiasan di Celuk

Alamat: Jl. Jagaraga 66 Celuk, GIanyar, Bali
Telepon: +62361291333
Jam operasional: Senin – Minggu, Pk. 08.00-23.00

Website Resmi 

28. Di Desa Para Seniman…..

Galeri seni adalah satu tempat yang sebaiknya dikunjungi. Ubud adalah rumah bagi banyak galeri, dan seperti telah kami janjikan sebelumnya, ini adalah beberapa galeri seni yang kamu dapat kunjungi tanpa harus membayar tiket masuk.

Pertama, ada Setia Darma, Pusat Topeng dan Wayang. Museum yang menarik ini dibuat untuk membangun kesadaran dan kecintaan yang lebih tinggi terhadap aneka bentuk topeng dan wayang tradisional.

33. Artist-Village-Setia-Darma-by-clubrunner-blob-core-windows-net-2

Photo via: clubrunner blob core windows

Tempat ini merupakan tempat dengan koleksi topeng dan wayang terbesar di dunia, ada 6000 koleksinya, disimpan di 5 joglo (rumah kayu tradisional Jawa)

Kalau itu tidak cukup, kamu bisa mengunjungi rumah pelukis Bali, I Gusti Nyoman Lempad. Rumahnya baru saja selesai direnovasi, terasa berada di rumah daripada di museum. Kamu juga dapat melihat hasil karya Lempad dan pelukis lain.

33. Artist-Village-Lempad-House-by-liliputp

Photo via: liliputp

Pusat Topeng dan Wayang

Alamat: Jalan tegal Bingin, Mas, Ubud, GIanyar Sub District, Bali
Telepon: +62 361 8987 493

Website Resmi 
Rumah Lempad

Alamat: Jalan Raya Ubud, Ubud
Cara kesana: terletak di jalan utama, posisi di sebrang resto Nomad. (bersikap sopan diperlukan ketika berkunjung kesini karena keluarga Lempad masih tinggal disana)
Jam operasional: Pk. 08.00-22.00

29. Belajar Membuat Garam dari Air Laut

Di pabrik tempat membuat garam di desa nelayan Amed, kamu dapat menyaksikan langsung proses oembuatan air laut menjadi garam.

Kami tau kok, tentu saja kamu tidak memiliki keahlian untuk mengubah air laut menjadi garam, kan tinggal beli di warung dekat rumah.

Bagaimanapun, menyaksikan pembuatan garam dari air laut ini bisa jadi sangat menyenangkan dan memberikan pengetahuan bagi si kecil.

34. Seasalt-Farm-Amed-by-whatisabean, nomadiceats

Photo via: Whatisabean, nomadiceats

Pertama-tama, air laut diayak dan disaring, lalu ditumpahkan ke batang pohon kelapa dan dikeringkan di bawah matahari.

Lalu, ketika air laut ini sudah menguap, petani akan menuai garam yang sudah mengkristal dengan menggoresnya menggunakan sepasang sendok bamboo. Dan bagian terbaiknya? Kamu akan dapat sample sebagai souvenir!

Cara kesana: Tempat pembuatan garam di Amed ada di sepanjang Jalan Abang, tak jauh dari Pantai Selang. Salah satu yang direkomendasikan adalah yang ada di belakang Warung Ole. Koordinat di sini.

30. Mengejar hal berbudaya di Pasar Pagi

Semua traveller tentu setuju, pasar pagi adalah tempat terbaik untuk bertemu dan berinteraksi dengan penduduk lokal dan menngamati kehidupan sehari-harinya yang memberikan sentuhan unik terhadap Bali yang kita kenal.

Mau berbelanja ataupun tidak, kamu akan mengalami pengalaman tak terlupakan akan kebudayaan Bali, melalui aneka makanannya, pernak-perniknya, pakaiannya, cinderamatanya dan banyak hal lainnya.

35. Morning-Markets-Pasar-Kumbasari-by-travelling-bali, lonely planet, jakartapost

Photo via: Travelling Bali, Lonely Planet, Jakartapost

Menemukan hal-hal seperti di atas di pasar pagi tentunya membuat perjalananmu lebih berarti.

Untuk memulainya, Pasar Badung di Denpasar buka 24 jam 7 hari seminggu dan menyediakan banyak aneka makanan, keperluan rumah tangga, pakaian khas Bali dan Jawa, barang-barang yang diperlukan untuk upacara, kerajinan kayu, bahkan bahan mentah seperti kain batik yang belum dijahit.

Pasar Badung – Jl. Sulawesi No.1, Dangin Puri Kangin, Bali 80233
Pasar Kumbasari – Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali

31. Menikmati Keheningan Anand Ashram Ubud

Kalau kamu memerlukan keheningan, mungkin berkunjung ke tempat yang memiliki aliran spiritual cocok untukmu.

Kunjungan ke ashram (pusat spiritual) akan memberikan kamu pengalaman yang tak dapat dijelaskan. Pernahkah kamu ke spa dan mendengar musik khas disana yang diputar agar pelanggan merasa nyaman?

Sebuah ashram memberikan pengalaman yang lebih nyata, bayangkan lagu yang menenangkan, berisi kicauan burung, aliran air, dan suara lonceng yang lembut. Pergilah ke Anand Ashram Ubud dan nikmatilah suasana heningnya.

36. Anand-Ashram-Ubud-by-airbnb, theglobalsponge

Photo via: theglobalsponge

Berkeliling sekitar ashram tidak hanya menyejukkan jiwamu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk tinggal disana selama satu atau dua hari untuk menikmati suasana yang damai dan tentram.

Anand Ashram Ubud

Cara kesana: Anand Ashram Ubud terletak 600 meter jauhnya setelah Pura Tegal Lantang.
Alamat: Jl. Sriwedari Km 3 Ubud Bali 80571
No Telepon: +6282237094865

Website Resmi 

32. Mencari Tahu Soal Sejarah Bali Melalui Pura Kuno – Pura Alas Jagasari

Ingin menikmati tour yang berbau historis? Kalau begitu kamu perlu mengunjungi salah satu pura di Bali yang penting dan kuno, Pura Alas Jagasari.

Terdiri dari tiga kuil yang terbuat dari batu bata, masing-masing mewakili kepala, tubuh, dan kaki. Pura Jagasari adalah pura Hindu pertama di Bali yang dibangun mulai dari abad ke delapan.

37. via mutiaramedia

Photo via: mutiaramedia

Perlu juga dicatat sejarah bahwa gerbang di Jagasari dibentuk sesuai dengan kerajaan di Kediri, Jawa Timur abad 10-11.

Menariknya, diantara kuil-kuil disana terdapat patung-patung dari abad ke-11, juga dipercaya menyerupai Raja Wharmadewa dan Permasuri Mahendradatta.

Pura Alas Jagasari

Alamat: Panempahan Village, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali.

33. Menyaksikan Sendra Tari Bali Kuno

Pada tanggal 1 dan 15 setiap bulannya di Kuil Butuan, kalau Ensemble Gambuh Desa Batuan ada di Bali, merka akan menampilkan pertunjukkan Gambuh.

Gambuh adalah pertunjukkan seni paling tua di Bali yang menampilkan musik, literature, seni peran dan tarian yang berasal dari Jawa di masa Majapahit (1292-1527)

Orkestra Gambuh menggunakan drum, gong, lonceng dan flute untuk menciptakan struktus musik dinamis yang menjadi dasar dari semua musik khas Bali.

38. Pura-Desa-Gambuh-by-gambuhdesabatuanensemble-1

Photo via: gambuhdesabatuanensemble

Beberapa pertunjukkan termasuk “The Stabbing of the Horse” (Penusukan Seekor Kuda), dongeng mengenai pencarian cinta dan penyembuhannya, Bali Jewels (Perhiasan Bali), pertunjukkan menarik yang ditutup dengan Hamlet karya Shakespeare dengan versi yang disesuaikan.

Kalau kamu ada disana sekitar tabggal 1 dan 15, pergilah ke Kuil Batuan untuk menyaksikan pertunjukkan Gambuh Desa Batuan (kalau mereka lagi ada di Bali ya!)

Sendra Tari Bali Kuni

Lokasi: Jalan Raya Batuan, Indonesia. Koordinat di sini. Batuan terletak di pusat Bali, sekitar 10 km ke arah Selatan Ubud dan sekitar 15 km ke arah timur laut dari Denpasar.
Email: I Wayan Bawa (bawa_77zamrud@yahoo.com)
Telepon: +6281936233066
Jam operasional: Senin-Minggu Pk. 08.00 – Pk. 23.00

 

Apakah kamu punya info tentang tempat wisata murah dan gratis di Bali lain yang bisa dibagi? Beri tahu kami ya, tinggalkan komen di bawah ini!