9 Spot Wisata Bawah Laut di Bali paling menakjubkan - Bali Destiny Travel

9 Spot Wisata Bawah Laut di Bali paling menakjubkan

Posted by imadedwijananda
Category:

Jika berbicara tentang Bali, rasanya tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Melihat Budaya, tradisi dan ritual Masyarakat Bali, Serta Keindahan alam yang tiada duanya. Tak heran, Pulau ini dinominasikan sebagai 5 besar tempat ter indah di dunia, bahkan sempat menduduki peringkat kedua, keren kan? Selain Keindahan alam yang berupa persawahan, gunung, danau, dan hutan yang menawan, Bali juga terkenal dengan keindahan Bawah lautnya yang menyimpan banyak sekali kekayaan dan warna warni menakjubkan. Sampai sampai pecinta Diving baik dalam maupun luar negeri ber bondong- bondong untuk datang ke Bali hanya untuk sekedar melakukan wisata bawah air.

1. TULAMBEN

Pantai Tulamben adalah desa pinggir laut yang terletak di Kabupaten Karangasem. Tempat ini telah terkenal di dunia karena puing Kapal Laut Besar USAT Liberty yang Tenggelam di tempat ini dan banyak ditumbuhi karang dan banyak hewan laut yang menjadikannya habitat untuk hidup dan kemudian menjadi sangat populer. Kebanyakan dari penyelam scuba menganggap ini sebagai salah satu tempat menyelam dengan akses pantai terbaik dunia. Menyelam di Tulamben tidak terbatas hanya dengan puing USAT Liberty saja, ada banyak lagi situs lainnya, semuanya cukup berbeda satu sama lain dan masing masing memiliki berbagai kelebihan keragaman alam lautnya . Situs seperti Drop off, Coral Garden, dan Seraya juga tak kalah cantik dan patut untuk dilihat ketika menyelam di sini.

2. PULAU MENJANGAN

Pulau Menjangan Bertempat di Bali bagian Barat, Tepatnya di kabupaten Jembrana. Tempat ini sangat terkenal di kalangan penyelam dengan dinding karangnya yang cantik, serta jarak pandang yang cukup jauh (50m pada waktu tertentu dalam setahun). Dinding karang di pulau Menjangan umumnya mulai dijumpai mulai kedalaman 10m sampai ke kedalaman yang jaraknya bervariasi (terdangkal 26m, terdalam 60m+). Lokasi ini tidak menawarkan terlalu banyak ragam biota laut, namun tempat ini sangat cocok bagi pemula karena arusnya tidak terlalu menantang seperti di lokasi yang lain, Dan tempat ini juga menjadi tempat yang dapat diandalkan untuk menikmati beberapa karang lembut terbaik, gorgonia, beberapa spesies ikan karang, dan puing- puing yang sederhana miliknya.

3. SANUR

Pernah kah anda mencoba untuk berjalan di dasar laut? Nggak Berani karena nggak bisa berenang? Jangan khawatir, cobalah berjalan di dasar laut Sanur bersama Sea Walker Bali. Pengalaman tak terlupakan dan unik ini bisa kamu lakukan tanpa berenang, ya hanya dengan berjalan di dasar laut sampai dengan kedalaman 8 meter dan rasakan keindahan lingkungan bawah laut yang menakjubkan. Dengan memakai helm yang didesain khusus dan dialiri oksigen yang disuplay dari pontoon Sea Walker ini Anda pun bernapas layaknya di daratan meskipun memakai kacamata atau lensa kontak.

4. PULAU SERANGAN

Pulau Serangan, Selain memiliki daya tarik wisata Watersport pantai, tempat ini juga memiliki daya tarik bawah laut yang luar biasa. Pulau Serangan dikenal juga sebagai Pulau Penyu (turtle island bali) karena disini Merupakan tempat singgah dan bertelur nya kura-kura laut dari berbagai jenis. Pemerintah Bali sendiri tergolong memperhatikan hewan-hewan ini agar tetap hidup dan serangan pun dijadikan tempat konservasi dan pengembang-biakan penyu. Rasakan Pula pengalaman fantastis dan indah menyelam atau sekedar snorkeling di bawah air laut biru jernih dengan karang yang berwarna warni serta kawanan ikan warna warni mulai yang terkecil sampai yang terbesar. Nikmati suasana menyelam dengan Panorama yang indah di bawah laut biru jernih yang dalam didampingi oleh instruktur selam berpengalaman dan profesional, petualangan Anda akan menyenangkan.

5. PEMUTERAN

Salah satu destinasi wisata bawah air Bali yang unik adalah Pemuteran. Tidak seperti wisata bawah laut di tempat lain, Laut Pemuteran justru memiliki taman laut yang sungguh berbeda dan sangat menarik. Hal ini karena adanya 33 patung dewa menurut kepercayaan mitologi Hindu Bali yang ditumbuhi terubu karang cantik ber warna warni yang bisa dijadikan spot foto dan membuatnya terlihat unik dan berbeda.Ada berbagai macam jenis patung dewa di tempat ini, sebut saja Dewi Saraswati, Dewa Wisnu, Dewi Sri Dewa Brahmana, hingga patung Budha tidur. Patung dengan panjang satu hingga dua meter ini sengaja ditanam dan dipercantik dengan pengembang biakan terubu karang cantik di sekitarnya untuk memperindah tempat ini dan menjadikannya daya tarik bawah laut Pemuteran.

 

 

6. NUSA PENIDA

Salah satu destinasi wisata bawah air Bali yang unik adalah Nusa Penida. Tidak seperti wisata bawah laut di tempat lain, Laut Pemuteran justru memiliki taman laut yang sungguh berbeda dan sangat menarik. Hal ini karena adanya 33 patung dewa menurut kepercayaan mitologi Hindu Bali yang ditumbuhi terubu karang cantik ber warna warni yang bisa dijadikan spot foto dan membuatnya terlihat unik dan berbeda.Ada berbagai macam jenis patung dewa di tempat ini, sebut saja Dewi Saraswati, Dewa Wisnu, Dewi Sri Dewa Brahmana, hingga patung Budha tidur. Patung dengan panjang satu hingga dua meter ini sengaja ditanam dan dipercantik dengan pengembang biakan terubu karang cantik di sekitarnya untuk memperindah tempat ini dan menjadikannya daya tarik bawah laut Pemuteran.

7. NUSA LEMBONGAN DAN CENINGAN

Nusa Lembongan dan Nusa Penida jaraknya sangat dekat, tak heran, beberapa spot menyelam nya bisa diakses dari kedua pulau ini. Sperti halnya di perairan nusa Penida, di Lembongan pun menawarkan sensasi menyelam untuk melihat cantiknya ikan mola mola atau sunfish besar. Namun tidak setiap hari kita bisa menyaksikkan ikan unik ini, mereka hanya bisa ditemui pada saat buan bulan tertentu seperti juli sampai Oktober saja. Kalau kamu merencanakan perjalanan liburan ke tempat ini, ada baiknya memilih bulan bulan ini agar kamu bisa melihat cantiknya si ikan raksasa bertubuh bulat pipih ini.

8. AMED

Amed, Letaknya di daerah karangasem, masih tergolong dekat dengan tulamben, namun karakteristik wisata bawah air nya agak berbeda. Terumbu karang di Amed sangat indah dan beraneka ragam bentuk dan warna, selain itu tempat ini kaya akan berbagai jenis ikan yang biasa berkelompok dalam jumlah banyak. Hanya dengan snorkeling saja kita bisa berenang bersama ratusan bahkan mungkin ribuan schooling fish di pantai ini. Di bagian lain Pantai Amed, terdapat suatu pecahan kapal Jepang yang dulu karam dan kemudian ditumbuhi terumbu karang yang indah. Japanese Wreck di Amed adalah salah satu bangkai kapal Jepang dari masa Perang Dunia II yang menyisakan keindahan karena ditumbuhi berbagai terumbu karang yang juga dihuni berbagai jenis ikan.

9. TANJUNG BENOA

Tanjung Benoa adalah salah satu destinasi wisata air yang terkenal di bali, selain menikmati beragam wahana watersport di pantai, kamu juga bisa menikmati wisata bawah air nya. Tidak hanya dengan menyelam, menikmati wisata bawah air di tanjung benoa kini bisa juga dengan unerwater Scooter. Underwater Scooter atau sekuter bawah laut disini akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan karena tidak memerlukan keahlian khusus, seperti berenang serta diving. Selama permainan anda naik kendaraan khusus seperti motor atau skuter bawah air, pada kendaraan skuter tersebut sudah disertakan juga tabung oksigen yang akan digunakan oleh pemain untuk pernapasan, berbeda dengan seawalker yang dihubungkan dengan selang oksigen di atas permukaan air laut. Wajib dicoba deh pokoknya.

 

Leave a Reply