Hai kali ini Admin Bali Destiny Travel ingin share desa wisata di Bali yang wajib kamu singgahi untuk dapetin pemandangan hijau nan indah. Walaupun Bali tersohor akan  pantai yang indah, Bali juga memiliki banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah indah, salah satunya adalah desa wisata. Desa-desa ini masih menjaga adat istiadat dan budaya, namun adat istiadat dan budaya inilah yang membuat banyak wisatawan bertandang ke desa-desa ini. Inilah 5 desa tempat wisata di Bali selain pantai.

BACA JUGA >>

11 KEINDAHAN ALAM TERSEMBUNYI DI BALI
11 TEMPAT WISATA KEKINIAN DI BALI YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
33 TEMPAT WISATA MURAH DAN GRATIS DI BALI YANG KAMU GAK PERNAH TAU

1.    DESA SOBANGAN

Desa Sobangan - kompasiana . com

Desa Sobangan – kompasiana . com

Desa Sobangan banyak didatangi oleh para wisatawan kerena keindahan kebun bunganya. Warga di desa ini membudidayakan berbagai macam bunga untuk keperluan upacara adat. Karena banyaknya kebutuhan bunga untuk upacara adat, Desa Sobangan kemudian menjadikan bunga sebagai salah satu komoditas untuk kemudian dijual keluar desa. Namun, kebun-kebun bunga ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Bunga yang banyak dibudidayakan di desa ini adalah bunga gemitir dan bunga pacar air. Banyak wisatawan yang datang ke desa ini untuk mengambil foto dan berpose romantis. Namun, sebelum berfoto ria di kebun-kebun bunga di desa ini, kalian harus memastikan Selain memiliki kebun bunga, desa Sobangan juga memiliki area persawahan yang menghijau dan indah, mengingat komoditas utama lainnya dari desa Sobangan adalah padi. Untuk menuju kesana kalian bisa menyewa mobil untuk berpetualang dengan pacar ataupun sahabat. Tinggal booking via Bali Destiny Travel, abis itu tinggal tancap gas deh

 

2.    DESA MUNDUK SINGARAJA

Desa Munduk Singaraja - munduk . co

Desa Munduk Singaraja – munduk . co

Desa yang satu ini dijuluki sebagai desa di atas awan oleh wisatawan yang datang mengunjunginya. Daya Tarik desa ini adalah air terjun Melanting, dan Danau Tamblingan. Bukan hanya itu, desa ini juga kerap diminati karena pemandangan indahnya, khususnya area persawahan, kebun cengkeh dan kopi. Untuk dapat sampai ke desa ini, happy peeps harus berkendara sekitar 2 jam dari Denpasar. Air terjun Melanting cukup terkenal di kalangan wisatawan, ditambah akses jalan yang cukup mudah yaitu cukup berjalan kaki melewati kebun kopi dan cengkeh yang indah. 
Danau Tamblingan sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Danau ini kerap dijadikan sebagai spot foto prewedding, dan tempat pelaksanaan upacara adat karena di sekitar danau ini terdapat pura-pura. Jika happy peeps datang ke tempat wisata di Bali selain pantai yang satu ini, happy peeps bisa sekaligus belajar cara pembuatan tire, yaitu kain yang digunakan sebagai hiasan di upacara pernikahan. Kain ini biasa dihiasi dengan motif bunga, dan wayang, dan memiliki panjang hingga 4 meter.

 

 3.    DESA TENGANAN

Desa Tenganan - ohelterskelter . com

Desa Tenganan – ohelterskelter . com

Sangat tradisional dan ketat dalam menjaga adat istiadat, di desa ini kalian dapat melihat gambaran masyarakat Bali di masa lampau. Di desa ini, masyarakat tinggal di rumah-rumah adat yang berbentuk sama dan dengan ukuran yang sama. Bukan hanya itu, di desa ini masyarakat masih menggunakan sistem barter dalam kehidupan sehari-hari. Desa ini terlihat semakin asri karena area persawahan dan kebun yang ada di sekitarnya, dan ternak warga seperti sapi hidup bebas berkeliaran di pekarangan rumah semakin menyemarakkan desa. 
Untuk memajukan perekonomian desa, warga masyarakat membuat kerajinan tangan yang kemudian dijual kepada para turis. Mulai dari anyaman bambu, ukiran, lukisan di atas daun lontar hingga kain Geringsing. Kain ini hanya dihasilkan oleh masyarakat Desa Tenganan dan dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin. Proses pembuatan kain ini memakan waktu cukup lama yaitu hingga 2-5 tahun. Pada dasarnya, kain ini adalah kain yang digunakan saat upacara adat, dan sebagian besar masyarakat desa tenganan memiliki kain Geringsing yang telah berusia ratusan tahun.

 

4.    DESA PINGGAN

Desa Pinggan - advanturetravel . co . id

Desa Pinggan – advanturetravel . co . id

Pemandangan yang ada di sini bisa dikatakan tidak ada duanya. Berada di ketinggian, desa ini memberikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah, apalagi jika dipadukan dengan kabut pagi yang membuat desa ini menjadi desa atas awan lainnya selain desa Munduk Singaraja. Selain sebagai destinasi hunting sunrise, Desa Pinggan juga menjadi tempat foto prewedding. Banyak pengunjung yang datang untuk hunting foto dan foto prewedding. Desa Pinggan adalah tempat wisata yang pas bagi happy peeps yang ingin menghabiskan waktu di tempat yang tenang, sambil menikmati hawa sejuk pegunungan. Waktu terbaik mengunjungi desa Pinggan adalah di bulan September hingga November.

 

 5.    DESA PEJUKUTAN

Desa Pejukutan - bawapergi . blogspot . com

Desa Pejukutan – bawapergi . blogspot . com

Jangan lupa membawa kamera yang bagus jika datang ke desa ini. Desa Pejukutan terkenal dengan tempat wisata alamnya, yaitu pantai Atuh dan pantai Pelilit. Pantai atuh adalah pantai dengan hamparan pasir putih dan batu-batu berukuran besar yang indah. Terletak di pulau terpencil, pantai ini bisa ditempuh dengan menyeberang dari Pelabuhan Prasi Sentana dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Banjar Pelilit atau pantai Pelilit pun tidak kalah indah. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing karang yang tinggi yang berwarna putih kehijauan jika dilihat dari kejauhan. Tempat wisata di Bali selain pantai ini, terlihat seperti raja ampat namun terletak di Bali. Di sekitar pantai terdapat rumah pohon Molenteng Nusa Penida, dari atas rumah pohon ini, happy peeps dapat melihat keseluruhan kawasan pantai Pelilit.